Apa saja fakta-fakta menarik tentang ikan mas ?

Ikan mas

Ikan mas merupakan ikan konsumsi air tawar yang cukup berkembang di Indonesia. Permintaan terhadap produk ikan mas segar cukup besar dan menjadikan ikan mas sebagai salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia. Apa saja fakta-fakta menarik tentang ikan mas ?

Ikan mas koki mampu bertahan hidup berbulan bulan tanpa oksigen!

Peneliti dari Universotas Oslo, Catherine fagernes dan peneliti dari Universitas Bristol, Michael Berenbrink mengungkapkan bahwa ikan mas ternyata punya adaptasi yang luar biasa, mampu hidup di lingkungan tanpa oksigen dalam waktu lama sekaligus bisa menoleransi kadar alkohol tinggi dalam tubuh.

Penelitian tersebut mengungkapkan, saat musim dingin dan miskin oksigen, ikan mas mengubah karbohidrat menjadi oksigen dan alkohol.

Dalam laporan penelitian yang diterbitkan pada Scientific Reports (11/8), tim peneliti tersebut berpendapat bahwa ikan dari genus Carassius mengembangkan sistem metabolisme khusus yang memungkinkan otot rangka mereka mengubah asam laktat menjadi etanol dan membersihkan insang mereka.

Metabolisme itu dimungkinkan karena adanya enzim pada ikan mas yang kemampuannya sama dengan ragi yang dipakai pada produksi wine dan bir.

Para peneliti pun menghitung berapa lama seekor ikan mas mampu menghasilkan kandungan alkohol. Ditempatkan di sebuah gelas bir berisi air, seekor ikan mas menghasilkan empat persen abv (volume alkohol) sekitar 200 hari.

Itu adalah satu-satunya ikan yang diketahui vertebrata dengan kemampuan unik tersebut. “Adaptasi ini sangat langka pada dunia hewan,”

Sistem produksi alkohol dalam ikan mas terdiri dari modifikasi satu set enzim. Kemudian enzim menyalurkan karbohidrat kaya energi dalam mitokondria, bagian penghasil energi sel. “Ini menunjukkan betapa pentingnya memahami mekanisme sederhana untuk bertahan dari anoksia,”

Adaptasi itu membuat ikan mas memiliki satu set ekstra gen yang bisa dialihfungsikan sesuai kebutuhan tubuh dan lingkungan. Prosesnya dikenal dengan istilah whole genome duplication atau evolusi seluruh unsur dalam DNA.

Jadi sebuah organisme memindahkan satu set gen tambahan untuk sebuah fungsi baru. Antara lain kemampuan melihat warna dan swadaya enzim pencernaan. Fagernes mengatakan bahwa produksi etanol memungkinkan ikan mas menjadi satu-satunya spesies yang bertahan dan mengeksploitasi lingkungan yang keras (ekstra dingin).

Bagaimana pun, tiap adaptasi punya konsekuensi. Manusia akan merasa lelah bila kekurangan oksigen karena tubuh menghasilkan asam laktat. Dalam kasus ikan mas, alkohol yang dihasilkan dalam metabolisme tertumpuk dalam tubuh, mencapai 55 miligram per 100 mililiter.

Penumpukan alkohol dalam konsentrasi tinggi membuat ikan mas “mabuk”, bergerak lebih lambat daripada biasanya. Meski demikian, ikan itu masih cukup sadar akan ancaman predator dan bisa melarikan diri.