Apa saja Ektoparasit yang bisa menginfeksi Crustaceae?

image

Parasit merupakan organisme yang hidupnya tergantung pada organisme lain dan memiliki hubungan timbal balik dengan organisme yang ditumpanginya. Organisme tempat parasit hidup dinamakan inang yang berperan sebagai sumber nutrien, tempat hidup dan tinggal.

  1. Octolasmis sp.
    Octolasmis sp. termasuk dalam kelompok crustaceae yang telah diidentifikasi yang menginfeksi kepiting memiliki ukuran tubuh 0.01-0.15 cm dengan morfologi berkoloni, memiliki tergum, carina, capitulum, scutum dan kaki. Parasit ini bisa dilihat dengan mata telanjang, seperti pada tiap lembar insang atau kadang melekat pada karapas bagian dalam. Parasit ini memiliki tergum yang berfungsi sebagai mulut untuk memasukkan nutrisi makanan yang akan diserap, scutum yang berfungsi sebagai usus yang dapat menyerap nutrisi makanan dan kaki yang berfungsi untuk menempelkan tubuh pada salah satu organ inangnya, dasar kaki menancap erat pada organ insang tergantung pada spesies sampai masa moulting inang berikutnya (Jeffries et al. 2005).
  2. Ascarophis sp.
    Menurut Zafran (1997), bahwa Ascarophis sp. termasuk dalam kelas Nematoda dan merupakan salah satu jenis parasit yang menyerang bagian luar tubuh organisme atau biasa disebut ektoparasit dan biasanya menginfeksi semua jenis ikan air laut termsuk kepiting. Ascarophis sp. merupakan ektoparasit yang berukuran panjang dan kurus dengan segmen pada seluruh tubuhnya dan hidup bebas, ukuran panjang jantan 5 mm dan betina 8 mm Ascarophis sp. merupakan salah satu jenis parasit yang menyerang bagian luar tubuh baik insang maupun karapaks pada kepiting maupun lobster (Ratmin, 2002).
  3. Brooklynella sp.
    Brooklynella sp, suatu protozoa yang biasa menyerang organisme laut berbentuk seperti kacang mirip dengan Chilodonella sp. mudah dikenal dengan adanya bulu rambut (cilia) yang panjang, sebuah macronucleus dan kantong berbentuk oval yang terlihat jelas dan berukuran hingga 60 dengan garis-garis sejajar panjang silia (Dirjen Perikanan, 1996).
  4. Chelonibia patula
    Chelonibia patula termasuk parasit yang tergolong dalam kelompok Crustaceans yang banyak menyerang bagian karapaks pada kepiting dan umumnya parasit ini tidak sulit untuk diidentifikasi karena dapat dilihat dengan mata telanjang (Ozcan, 2012).