Apa saja dampak yang ditimbulkan dari pencemaran tanah?

Pencemaran tanah

Pencemaran tanah dapat merugikan lingkungan sekitar dan memberikan dampak negatif pada makhluk hidup yang tinggal di bumi. Apa dampak yang di timbulkan dari pencemaran tanah ?

Adapun dampak dari pencemaran tanah ialah sebagai berikut:

1. Dampak terhadap kesehatan

Pencemaran tanah oleh limbah-limbah industri atau tumah tangga baik cair atau padatan dapat menurunkan kualitas lingkungan. Bpaparan benzena yang terendap di tanah mampu menyebabkan leukimia (kanker sel darah putih), dan lain sebagainya.

2. Dampak terhadap ekosistem

Kerusakan tanah oleh limbah-limbah tersebut juga akan merusak ekosistem yang ada. Tanah merupakan habitat bagi organisme terestrial (daratan). Bagaimana kelangsungan hidup organisme-organisme ini jikalau tanah tempat tinggal mereka mengalami kerusakan akibat pencemaran. Peguburan sampah-sampah padat yang tidak dapat diuraikan oleh dekomposer, tentu akan membuat kesuburan tanah menurun. Selain itu, mengganggu kehidupan organisme yang hidup di dalam tanah. Tanah yang subur mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan organisme. Tanah yang tidak subur menyebabkan tumbuhan akan sulit berkembang. Jika hal demikian terjadi maka dapat dipastikan, wilayah dengan pencearan tanah tersebut akan mengalami kekeringan, tandus, dan lainnya.

Sumber

Halo kak, izin menanggapi yaa :slight_smile:
Tentu kita tahu kan, bahwa dengan tanah yang sehat dan bebas dari pencemaran akan menghasilkan output pangan yang sehat pula

Jika tanah tercemar, baik itu tercemar oleh pestisida, bahan2 merkuri, atau bahan logam lainnya yang berbahaya, tentu juga akan mempengaruhi output tanaman yang kita tanam

Dan jika hasil tersebut kita konsumsi secara berkelanjutan, bukan tidak mungkin kalau bahan2 yang mencemari tanah dapat mencemari tubuh kita juga kak, karena tanaman menyerang unsur hara dan air dari tanah tersebut.

Begitu kiranya logika saya kak, semoga membantu :slight_smile:

  1. Mengurangi kesuburan tanah
    Dampak pertama yang akan kita rasakan dari adanya tanah yang tercemar pastinya akan menurunkan kesuburan pada tanah itu sendiri. seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwasannya tanah ini pada dasarnya mempunyai keunggulan. Salah satu keunggulan tanah adalah mempunyai nilai kesuburan sehingga banyak tanaman bisa hidup dengan subur.
  2. Membuat tumbuh- tumbuhan dan makhluk hidup lainnya mati
    Masih serangkaian dengan dampak pencemaran tanah yang akan menurunkan tingkat kesuburan. Hal ini juga akan berakibat pada masa hidup tanaman. Tamanan yang awalnya tumbuh dengan subur, lama- kelamaan akan menjadi layu, bahkan akan mati.

Selain tanaman, pencemaran pada tanah ini juga akan berdampak pada makhluk hidup lainnya (seperti binatang dan manusia). Zat- zat polutan yang ada di dalam tanah akan masuk ke dalam janrungan tumbuhan. Dan ketika tumbuhan tersebut dimakan oleh manusia maupun binatang, maka efek negatifnya dapat tersalurkan pada binatang atau manusia yang memakan tumbuhan tersebut.
3. Menyebabkan pencemaran pada udara
Pencemaran tanah juga akan berdampak pada pencemaran udara. Hal ini karena zat- zat yang mencemari tanah tersebut (misalnya sampah) dalam jangka waktu yang lama akan membuat udara yang ada di sekitarnya menjadi tidak sehat. Akibatnya udara tersebut menjadi tidak nyaman untuk dihirup. Selain itu, apabila yang membuat pencemaran pada tanah adalah sampah, maka ketika akan terjadi proses dekomposisi maka akan menimbulkan bau yang begitu mneyengat. Dan inilah yang disebut dengan pencemaran udara.
4. 4. Menimbulkan wabah penyakit

Dampak pencemaran tanah yang selajutnya adalah menyebabkan timbulnya banyak bibit penyakit. Tanah yang tercemar merupakan rumah yang sangat nyaman bagi patogen- patogen yang menimbulkan banyak penyakit. Hal ini dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama akan menyebabkan berbagai penyakit datang dan siap menyerang makhluk hidup yang ada dan menempati tanah yang tercemar tersebut. Yang akan menikmati datangnya penyakit ini tidak hanya manusia saja, namun juga binatang dan tumbuh- tumbuhan lainnya

Sumber : https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/tanah/dampak-pencemaran-tanah