Apa saja dampak diberlakukannya PPKM?


diberlakukannya PPKM menuai pro dan kontra di masyarakat, menurut kalian apa saja dampak positif dan negatif diberlaukannya PPKM?

huh! PPKM salah satu keputusan pemerintah yang memang banyak menuai pro dan kontra, apalagi bagi pelaku usaha, coba baca link yang aku add di bawah ini ya. Ini adalah bentuk nyata dari PPKM pada sektor Pertanian di Indonesia, mungkin temen temen yang lain ada yang punya referensi pada sektor lain?

Dampak Positif dan Negatif PPKM terhadap sektor Pertanian Indonesia

Menurut saya
Dampak positif :

  • kasus corona perlahan mulai menurun walaupun sedikit
  • Polusi udara mulai menurun akibat sedikitnya kendaraan

Dampak negatif :

  • masalah ekonomi warga
  • banyaknya pengangguran

Karena jika hanya bertemu dengan satu orang pembawa virus yang sudah positif COVID bisa menyebar kemana-mana. Jadi PPKM ini mengurangi mobilitas, menghindari perkumpulan, mengurangi interaksi antara orang dengan orang atau kelompok dengan kelompok. Sehingga akan mengurangi penularan COVID-19. Jika mobilitas menurun, interaksi antar manusia berkurang, maka distribusi juga pasti akan berkurang. Teorinya seperti itu

Berbicara mengenai dampak PPKM menurutku banyak banget ya karena hampir berdampak pada seluruh sektor masyarakat mulai dari ekonomi, pendidikan, politik, agama, sosial, dan lain sebagainya. Misalnya saja pada sektor ekonomi, orang yang berjualan diberikan batas waktu jam malam dan dilarang berkerumun sehingga membuat pelanggan sepi dan pendapatan mereka bekurang dari sebelumnya. Belum lagi, adaanya kebijakan penyekatan di ruas-ruas jalan utama yang merugikan pelaku ekonomi juga.
Dampak positif dari diberlakukannya PPKM yaitu dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di berbagai daerah, hingga saat ini angka kasus Covid-19 terus berkurang sejak diberlakukannya PPKM. Namun, dampak negatifnya yaitu merugikan masyarakat yang kelas menengah ke bawah