Apa saja dampak dari produksi pangan rumah tangga?

Ketahanan pangan dalam skala rumah tangga sangat berperan penting bagi pemenuhan pangan rumah tangga. Setiap anggota keluarga memiliki peran untuk ikut andil dalam pembuatan keputusan agar dapat meningkatkan kualitas pangan dan gizi yang lebih baik. Apa saja dampak dari produksi pangan rumah tangga?

Apabila produksi pangan skala rumah tangga dapat dilakukan secara terus menerus maka hal ini akan menambah peningkatanan keragaman pangan terutama wanita. Pada kasus pangan rumah tangga di Burkina Faso, menunjukkan bahwa praktik pangan rumah tangga membawa dampak positif mengurangi anemia, membuang makanan, dan mengurangi penyakit diare pada anak. Produksi pangan rumah tangga di Burkina Faso memfokuskan pada peningkatan gizi ibu, dan pemberdayaan kemampuan wanita dalam merawat anak anak. Produksi pangan rumah tangga yang terintegrasi dapat membantu mengatasi kerawanan pangan dan gizi dengan memanfaatkan ketersediaan dan potensi yang ada seperti kebun rumah, pendapatan, dan pengetahuan. Produksi pangangan rumah tangga juga memiliki potensi mengatasi kerawanan pangan dan gizi di negara berpenghasilan rendah dan menengah

Reference

Kennedy, G., Baye, K., Powell, B., & Bailey, A. (2019). Connecting Diverse Diets With Production Systems: Measures and Approaches for Improved Food and Nutrition Security. Encyclopedia of Food Security and Sustainability, Vol. 3 , 209-2015.