Apa saja ciri dari seni mesir kuno ?


(Amirah Silfia Kareem) #1

Seni bangsa Mesir

Mesir adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Mesir juga digolongkan negara maju di Afrika. Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil. Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni.Mayoritas penduduk negara Mesir adalah Islam.


(Silfiaa) #2

Tulisan Hieroglif


Hieroglif Mesir yang dalam Bahasa Inggris hieroglyphic adalah penulisan formal yang digunakan oleh masyarakat di Mesir kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf serta alfabet. Hieroglif Mesir ialah salah satu cara penulisan paling tua yang dikenal manusia di dunia. Beberapa dari tulisan tersebut berasal dari tahun 3000 SM dan telah digunakan oleh bangsa Mesir selama lebih dari 3000 tahun. Masyarakat Mesir menggunakan hieroglif kursif untuk sastra keagamaan pada papirus dan kayu. Ada juga variasi formal tulisan yang lebih kecil, yang disebut dengan hieratik dan demotik, namun secara teknis tulisan-tulisan tersebut bukan merupakan hieroglif. Ini adalah gambar dari tulisan Hieroglif :

image

Piramida Mesir


Piramida Mesir merupakan sebutan untuk piramida yang ada di Mesir yang dikenal sebagai “negeri piramida” walaupun ditemukan juga situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan yang merupakan pusat peradaban dari suku Maya.

Di Mesir umumnya piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir Kuno salah satunya firaun. Namun demikian, ratusan abad lalu piramida digunakan untuk sasaran penjarahan dan perampok makam karena para raja-raja membawa harta kekayaannya dan segala macam artefak di alam baka, Walaupun diberi perlindungan dengan semacam kutukan-kutukan untuk mencegahnya. Sehingga pada masa raja-raja mesir kuno berikutnya, makam raja-raja dan para bangsawan ditempatkan pada lembah yang tersembunyi seperti makam Raja Tutankhamun yang ditemukan secara utuh dan lengkap.

Piramida tidak dibuat dengan sembarangan. Para insinyur Mesir kuno menghitung jarak piramida dengan matahari, karena matahari merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan masyarakat Mesir kuno. bahkan Ilmuwan jaman sekarang mengakui kehebatan mereka dalam membangun piramida yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini. Waktu, harta, dan tenaga yang dikeluarkan untuk pembangunan piramida pun luar biasa banyaknya. Pembangunan piramida membutuhkan waktu dua puluh tahun dan mempekerjakan lebih dari sepuluh ribu budak, banyak yang nyawanya melayang. Piramida terbesar berada di Giza.

image

Patung Sphinx


Sphinx adalah patung singa yang berkepala manusia diyakini merupakan kepala Khufu. Sphinx merupakan patung monumental, patung kerajaan pertama yang sangat kolosal di Mesir, dikenal sebagai The Great Sphinx of Giza, merupakan simbol nasional Mesir, baik kuno dan modern.

image

Mummi


Mummi adalah mayat yang dibalsem dengan ramuan atau mayat yang diawetkan. Mummi ini kemudian dimakamkan di dalam piramid. Mayat yang dibalsem jasadnya tidak rusak walaupun telah berumur ribuan tahun. Pengawetan mayat ini sejalan dengan filsafat bangsa mesir kuno mummi sudah sangat terkenal seklai bahkan sekarang ini ilmuwan di amerika telah meneliti dan mengembangkan untuk kemudian di terapkan dalam pengawetan jasad manusia modern