Apa saja ciri-ciri suami yang baik menurut kacamata Islam ?

Suami Islam

Apa saja ciri-ciri suami yang baik menurut kacamata Islam ?

Menurut Muhammad Thalib dalam bukunya yang berjudul “Menuju Pernikahan Islami” terdapat beberapa kriterian calon imam yang baik menurut islam, yaitu:

  1. Beragama islam
  2. Taat beragama dan berakhlaq mulia
  3. Teguh menjauhi maksiat
  4. Memiliki semangat jihad tinggi
  5. Berasal dari keluarga shalih
  6. Berbakti kepada orang tua
  7. Mandiri secara ekonomi
  8. Memiliki pemahaman agama yang setara atau lebih baik
  9. Bertanggung jawab
  10. Adil
  11. Bekepribadian lembut
  12. Dermawan
  13. Memiliki syahwat yang sehat
  14. Suka berketurunan dan subur
  15. Berjiwa Pemimpin

1. Lelaki shaleh itu akan tetap ingat kepada Allah dimanapun berada

Keimananya yang kukuh dan teguh dapat mengikat qalbu nya agar patuh hanya kepada Allah, serta gak pernah menjauhkan kewajibannya sebagai muslim. Ciri laki-laki seperti ini lebih mengarah tak akan menyimpang dari ajaran agamanya bahkan akan mengarahkan Anda ke dalam hal kebaikan, selain itu pria ini tidak akan menjerumuskan istrinya ke hal aktivitas yang buruk, dia akan selalu mengingatkanmu sholat, dan akan menggiringmu ke jalan yang benar menurut islam, semua itu Dia lakukan semata-mata karena Allah subhanahu wata’ala.

“Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi ALLAH tuhan semesta alam” (QS. Al-An’ aam [6]:162).

2. Laki-Laki shaleh selalu menghindari perilaku dan perkataan yang buruk

Akhlak yang mulia bisa mencegah seseorang dari ucapan dan aktivitas yang tidak menyenangkan, selain itu orang yang memiliki akhlak mulia cenderung selalu menjaga hubungan dengan baik terhadap seseorang maupun kepada Allah subhanahu wata’ala, jadi jangan heran apabila orang yang punya akhlak bagus senantiasa dihormati orang bahkan akan senantiasa lembut serta berusaha untuk membahagiakan pasangannya. Tentu ingin kaaan disenengi terus sama pasanganya?

“Yang paling sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada istri-istrinya.” (Human Resources. Turmudzi).

3. Dia Mampu mengendalikan hawa nafsu dan tidak pernah menjerumuskan Kamu ke hal yang tidak baik.

Pada dasarnya manusia itu memiliki sifat baik dan yang tidak baik, sehingga penting sekali bagi seorang muslim untuk memiliki keribadian yang mampu menahan hawa nafsunya. Selain itu orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu sangat mudah untuk tetap bersabar, tidak mudah emosi, dan selalu beristighfar jika hawa nafsunya sudah merajai dirinya. Tentunya pria dengan ciri seperti ini akan sangat bijak dalam memutuskan sesuatu hal yang penting.

“Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (Human Resources. Hakim).

4. Dia Tidak akan menyia-nyiakan waktu dan tetap menepati janji.

Sifat ini merupakan hal penting yang harus dimiliki pria islam sejati. Dia tidak akan membuang-buang waktunya selama hidup, tetap memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat, bahkan cenderunng tetap menepati janjinya terhadap siapapun. Waktu itu sangat penting dalam islam sehingga Rasulullah sendiri pernah menyinggunggya “hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin”.