Apa saja ciri-ciri seorang psikopat ringan ?

Psikopat merupakan istilah lain bagi orang yang sakit jiwa. Psikopat berasal dari kata psyche yaitu jiwa dan pathos yaitu penyakit sehingga digabung dan memiliki arti penyakit jiwa. Orang dengan sakit jiwa biasa disebut sosiopat karena mereka cenderung anti sosial dan merugikan orang orang disekitarnya.

Apa saja ciri-ciri seorang psikopat ringan ?

Beberapa ciri-ciri psikopat ringan antara lain :

  1. Sering berbohong, fasih dan dangkal
    Tanda atau ciri awal seorang psikopat adalah suka berbohong. Psikopat memiliki pikiran tidak percaya dan tidak penting apakah orang lain perlu atau menginginkan informasi yang benar. Memberikan kebohongan atau berita palsu merupakan hal yan gmenyenangkan baginya. Dia tidak pernah berkata jujur meskipun itu dengan keluarganya, sahabatnya atau bahkan orang-orang terdekat.

  2. Memiliki anggapan yang hebat terhadap dirinya sendiri
    Psikopat memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap dirinya sendiri. Dia merasa dirinya hebat dan lebih unggul dari semua orang yang ada disekitarnya. Perasaan seperti ini selalu ada dalam dirinya dan juga pikiran merendahkan orang lain.

  3. Egosentris
    Berfokus terhadap diri sendiri. Semua hal yang dia lakukan hanyalah bermanfaat dan menguntungkan bagi dirinya sendiri. Sikap egois, tidak mau berbagi dan tidak peduli dengan orang disekitarnya.

  4. Tidak memiliki rasa bersalah
    Karena anggapan terhadap diri sendirinya yang begitu hebat, dia merasa selalu benar dan tidak mau disalahkan. Psikopat cenderung menganggap orang-orang disekitarnya yang lebih bodoh dan salah, sedangkan dirinya tidak. Apabila dia melakukan hal yang buruk terhadap orang lain, tidak akan muncul rasa bersalah dan menganggap tindakannya itu sudah benar benar saja.

  5. Senang melakukan pelanggaran dari mulai kecil
    Ciri-ciri psikopat ringan bisa dilihat dan diamati dari kecil. Sejak kecil cenderung suka melakukan kesalahan atau pelanggaran pelanggaran dan akan tetap diulangi tanpa rasa penyesalan atau merubah diri. Mereka menganggap hal tersebut menyenangkan.

  6. Sikap acuh tak acuh pada masyarakat
    Bersikap tidak peduli terhadap masyarakat dan kehidupan sosial. Lebih cenderung suka mennyendiri dan beraktivitas untuk dirinya sendiri. Akan bergaul dengan masyarakat apabila ada kepentingan atau membutuhkan sesuatu untuk kepentingannya sendiri. Ada yang cenderung anti sosial ada juga yang mampu berkamuflase menjadi orang yang sangat ramah terhadap masyarakat karena memiliki tujuan mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk dirinya sendiri.

  7. Tidak memiliki rasa empati
    Tidak memiliki rasa empati atau kasian terhadap kondisi atau kesulitan yang orang lain alami. Karena rasa tidak peduli dengan lingkungan sehingga psikopat tidak merasa kehidupan orang lain penting dan berhubungan dengannya.

  8. Memiliki niatan yang kuat dalam melakukan sesuatu misal pertentangan, perkelahian
    Apabila dirinya merasa tertantang maka dia akan melakukan dengan tekat yang kuat tantangan tersebut dan tidak mau menerima kekalahan untuk dirinya.

  9. Impulsif dan sulit dikendalikan
    Mudah tersinggung dan mencetuskan perbedaan antara dirinya dengan lingkungannya. Sulit dikendalikan apabila sudah memiliki niatan. Berbuat sesuka hati dan tidak bisa diberitahu atau dinasehati.

  10. Tidak memiliki tanggung jawab
    Karena orientasinya terhadap diri sendiri, ciri psikopat ringan tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap kepentingan bersama. Tidak bisa diberikan tanggungjawab dan cenderung tidak peduli.