Apa saja ciri-ciri orang yang suka prokrastinasi?

Prokrastinasi dikenal sebagai suatu penundaan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang, dengan melakukan aktivitas lain yang tidak diperlukan dalam pengerjaan tugas yang penting. Seseorang yang memiliki kesulitan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan batasan waktu yang telah ditentukan, sering mengalami keterlambatan mempersiapkan diri secara berlebihan, maupun gagal dalam menyelesaikan tugas sesuai batas waktu bisa dikatakan sebagai procrastinator. Lalu, apa saja ciri-ciri orang yang suka prokrastinasi?

Menurut Burka & Yuen (2008: 8), menjelaskan ciri-ciri seorang pelaku prokrastinasi antara lain:

  • Prokrastinator lebih suka untuk menunda pekerjaan atau tugastugasnya.
  • Berpendapat lebih baik mengerjakan nanti dari pada sekarang, dan
    menunda pekerjaan adalah bukan suatu masalah.
  • Terus mengulang perilaku prokrastinasi
  • Pelaku prokrastinasi akan kesulitan dalam mengambil keputusan.

Menurut Ferrari (M. N. Ghufron, 2003: 22), mengatakan bahwa sebagai suatu perilaku penundaan, prokrastinasi, dalam konteks akademik, dapat dimasukkan dalam indikator tertentu yang dapat diukur dan diamati dalam ciri-ciri tertentu berupa:

  • Penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan kerja pada tugas yang dihadapi.
  • Keterlambatan dalam mengerjakan tugas.
  • Kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual.

Ciri-ciri Prokrastinasi Akademik


Ferrari dalam Nugrasanti menyatakan bahwa ciri- ciri dari prokrastinasi adalah sebagai berikut:

  1. Suka menunda-nunda mengerjakan tugas sampai batas waktu pengumpulan (deadline)
  2. Suka tidak menepati janji untuk segera mengumpulkan tugas dengan memberi alasan untuk memperoleh tambahan waktu
  3. Memilih untuk melakukan kegiatan lain yang jauh lebih menyenangkan, seperti menonton televisi, jalan-jalan dan lain sebagainya.

Ciri-ciri prokrastinasi akademik diungkapkan oleh Ghufron dan Risnawita, adalah sebagai berikut:

  1. Penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas

Penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan tugas yang dihadapi. Seseorang yang melakukan prokrastinasi tahu bahwa tugas yang dihadapi harus segera diselesaikan. Akan tetapi, dia menunda-nunda untuk memulai mengerjakan atau menunda-nunda untuk menyelesaikan sampai tuntas jika dia sudah mulai mengerjakan sebelumnya.

  1. Keterlambatan dalam mengerjakan tugas

Orang yang melakukan prokrastinasi memerlukan waktu yang lebih dari pada waktu yang dibutuhkan pada umumnya dalam mengerjakan suatu tugas. Seorang prokrastinator menghabiskan waktu yang dimilikinya untuk mempersiapkan diri secara berlebihan. Selain itu, juga melakukan hal-hal yang tidak dibutuhkan dalam penyelesaian suatu tugas, tanpa memperhitungkan keterbatasan waktu yang dimilikinya. Kadang-kadang tindakan tersebut mengakibatkan seseorang tidak berhasil menyelesaikan tugasnya secara memadai. Kelambanan, dalam arti lambannya kerja seseorang dalam melakukan suatu tugas dapat menjadi ciri yang utama dalam prokrastinasi akademik.

  1. Kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual

Seorang prokrastinator mempunyai kesulitan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Seorang prokrastinator sering mengalami keterlambatan dalam memenuhi deadline yang telah ditentukan sendiri. Seseorang mungkin telah merencanakan mulai mengerjakan tugas pada waktu yang telah ia tentukan sendiri. Akan tetapi, ketika saatnya tiba dia tidak juga melakukannya sesuai dengan apa yang telah direncanakan sehingga menyebabkan keterlambatan ataupun kegagalan untuk menyelesaikan tugas secara memadai.

  1. Melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan

Melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan dari pada melakukan tugas yang harus dikerjakan. Seorang prokrastinator dengan sengaja tidak segera melakukan tugasnya. Akan tetapi, menggunakan waktu yang dia miliki untuk melakukan aktivitas lain yang dipandang lebih menyenangkan dan mendatangkan hiburan, seperti membaca (koran, majalah, atau buku cerita lainnya), nonton, ngobrol, jalan, mendengarkan musik, dan sebagainya sehingga menyita waktu yang dia miliki untuk mengerjakan tugas yang harus diselesaikannya.
Berdasarkan uraian tersebut diketahui bahwa ciri-ciri prokrastinasi akademik adalah penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, dan melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan.