Apa saja ciri-ciri kura-kura yang sedang flu atau pilek? Apa penyebabnya?

Kura-kura

Salah satu penyakit yang sering menyerang kura-kura adalah flu. Flu bisa menyerang siapa saja, bahkan termasuk reptil yang tangguh ini. Sakit flu ini bisa menyerang jika kondisi badan kura-kura sedang lemah dan cuaca atau air disekitar sedang dingin atau tidak bersahabat, sehingga virus penyebab flu ini bisa menyerang.

Apa saja ciri-ciri kura-kura yang sedang flu atau pilek? Apa penyebabnya?

Ciri pilek pada kura-kura air (kura-kura full akuatik) dan kura-kura semi-air (kura-kura semi akuatik) adalah jika anda mengangkat kura-kura itu dari air, maka akan muncul gelembung dari lubang hidungnya. Kura-kura air dan kura-kura semi air yang pilek juga mengalami mogok makan. Pada kura-kura darat seperti kura-kura pardalis, kura-kura sulcata, dan kura-kura emys, ciri kura-kura darat yang kena pilek adalah hidung dan mulut kura-kura tersebut terlihat basah, mata kura-kura kadang terpejam, Kesulitan bernafas terlihat ketika kura-kura mulai sering membuka mulutnya karena saluran hidungnya tersumbat dan nafsu makan kura-kura berkurang.

Penyebab pilek pada kura-kura sama seperti penyebab pilek pada ular, yaitu ketidakstabilan suhu dalam kandang atau dalam air tempat memelihara kura-kura tersebut. Pada kura-kura darat, penyebab pilek pada kura-kura darat seperti sulcata, pardalis, dan emys adalah suhu kandang yang naik turun. Hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan cuaca dan lain sebagainya. Pada kura-kura akuatik seperti labi-labi, common snapping, dan alligator snapping serta kura-kura semi akuatik seperti kura-kura brazil, penyebab pilek pada kura-kura akuatik dan kura-kura semi akuatik adalah suhu air yang terlalu dingin atau suhu air yang fluktuatif, suhu naik turun atau tidak stabil.