Apa saja cara memilih eyeshadow base?

cara memilih eyeshadow base

Eyeshadow base adalah dasar perona mata yang digunakan sebelum pemakaian eyeshadow agar warnanya lebih tahan lama.

Apa saja cara memilih eyeshadow base?

Eyeshadow base diperlukan sebagai dasar sebelum memakai eyeshadow. Fungsinya untuk menghilangkan kusam pada area mata, menghidupkan warna eyeshadow, dan membuat riasan mata tidak mudah luntur. Eyeshadow base dijual dalam berbagai varian warna dan jenis sehingga terkadang membuat Anda bingung untuk memilihnya.

Sekarang ini, banyak merek eyeshadow base yang beredar di pasaran seperti NYX, Revlon, dan Wet n Wild. Pada kesempatan ini kami akan memaparkan tips memilih eyeshadow base yang cocok untuk Anda.

Hasil penggunaan eyeshadow base akan berbeda tergantung pada tekstur dan warnanya. Untuk itu, berikut ini akan kami paparkan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih eyeshadow base.

Pilihlah jenisnya sesuai dengan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan


Ada tiga macam jenis eyeshadow base berdasarkan bentuknya, yakni krim, cair, dan bubuk. Kami akan mengulasnya satu per satu karena cara penggunaannya maupun efek yang ditimbulkan pada kulit berbeda.

1. Tipe krim dengan tekstur yang ringan dan mudah digunakan

Tipe krim dengan tekstur yang ringan dan mudah digunakan

Eyeshadow base jenis krim dapat diratakan dengan mudah, cukup diusapkan dengan cepat menggunakan jari Anda. Selain itu, teksturnya juga ringan sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membuat riasan sendiri dengan cepat. Dengan produk krim ini, Anda bisa membuat berbagai variasi makeup eyeshadow sesuai keinginan Anda.

Kelemahannya hanya tangan Anda menjadi kotor setiap kali mengusapkannya. Namun, pengaplikasiannya jadi tidak pernah gagal lantaran dapat disesuaikan dengan gerakan ujung jari Anda. Jadi, jenis ini disarankan bagi Anda yang baru pertama kali mencoba eyeshadow base.

2. Tipe cair yang tidak mudah luntur

Tipe cair yang tidak mudah luntur

Eyeshadow base cair adalah jenis yang sangat menempel pada kulit dan tidak mudah luntur. Tipe ini sangat berguna ketika Anda banyak berkeringat dan tidak sempat melakukan touch up. Umumnya ada dua macam eyeshadow base cair, yakni tipe sikat dan tipe tube yang nyaman dibawa bepergian.

Di sisi lain, tingkat adhesi yang tinggi membuat kulit Anda akan lebih terbebani. Tipe ini dianjurkan bagi Anda yang ingin tampil dengan riasan tebal dan untuk acara yang formal. Akan tetapi, tidak disarankan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan eyeshadow base jenis bubuk.

3. Tipe bubuk yang lembut untuk tampil dengan riasan natural

Tipe bubuk yang lembut untuk tampil dengan riasan natural

Jenis bubuk sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil natural. Anda bisa merias mata Anda dengan lembut dan natural. Namun, dibandingkan dengan jenis lainnya, tipe ini sangat mudah terhapus sehingga Anda harus sering melakukan touch up. Di sisi lain, tipe ini bisa digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif karena ringan dan nyaman dipakai. Selain itu juga tidak membuat kulit menjadi tegang. Namun, sayang sekali eyeshadow base tipe bubuk masih sulit ditemukan di pasar Indonesia.

Pilihlah warna yang sesuai dengan masalah kulit Anda


Warna eyeshadow base tidak hanya krim dan bening, tetapi juga ada aneka warna. Contohnya merah muda, oranye, dan lainnya tergantung merek. Setiap warna tersebut memiliki perannya masing-masing.

1. Warna clear beige cocok untuk Anda yang tidak memiliki masalah kulit

Warna clear beige cocok untuk Anda yang tidak memiliki masalah kulit

Jika Anda tidak memiliki masalah kulit di sekitar area mata, Anda dapat memilih warna clear beige. Warna ini mampu mendukung warna eyeshadow yang akan ditambahkan, menyatu dengan semua warna kulit. Selain itu, warna ini paling mudah ditemukan hampir di semua merek. Namun, penggunaan warna ini tidak efektif untuk menyamarkan mata kusam meskipun Anda menggunakannya dalam jumlah yang banyak. Lebih baik Anda coba untuk menggunakan warna yang lain.

2. Warna merah muda efektif untuk menyamarkan kulit berwarna kebiruan

Warna merah muda efektif untuk menyamarkan kulit berwarna kebiruan

Jika Anda memiliki kulit kusam, cobalah eyeshadow base warna merah muda. Warna ini bisa mengatasi kulit kusam atau pun warna kebiru-biruan di mata Anda. Efeknya menjadikan kulit putih, indah, dan memberikan kesan transparan pada area mata Anda.

3. Warna oranye paling efektif untuk mengatasi kulit cokelat kusam di mata Anda

Warna oranye paling efektif untuk mengatasi kulit cokelat kusam di mata Anda

Jika mata Anda memiliki kulit kusam kecokelatan, Anda dapat memilih eyeshadow base berwarna oranye. Warna ini akan membantu menghilangkan kusam dan membuat kulit Anda terlihat lebih sehat. Warna oranye juga match dengan hitam dan cokelat sehingga bisa digunakan sebagai warna dasar untuk riasan berwarna. Namun, sayangnya eyeshadow base dengan warna oranye lebih sulit dijumpai dibandingkan warna lainnya.

Pilihlah produk yang memiliki kandungan pelembap


Pilihlah produk yang memiliki kandungan pelembap

Pastikan Anda memilih eyeshadow base yang mengandung banyak bahan pelembap. Hal ini lantaran kulit di sekitar area mata merupakan kulit yang tipis dan hanya terdapat sedikit kelenjar keringat. Oleh sebab itu, kulit di area mata merupakan daerah yang mudah kering dan rawan masalah.

Saat menggunakan eyeshadow, tentunya Anda tidak ingin tampak kerutan setiap kali tertawa. Jadi, sangat penting untuk memilih produk dengan kandungan pelembap. Hal ini berguna untuk menjaga mata tetap segar dan mencegah kekeringan yang menyebabkan penuaan kulit.

Pilihlah tipe waterproof agar makeup tahan lama


Pilihlah tipe waterproof agar makeup tahan lama

Jika Anda menginginkan makeup yang tahan lama dan tidak perlu sering touch up, gunakan waterproof eyeshadow base. Beberapa produk ada yang menyebutnya water resistant. Produk jenis ini tidak mudah luntur terkena air, keringat, atau pun air mata. Oleh karena itu sangat efektif untuk riasan di musim panas, di mana produksi keringat menjadi berlebih.

Bahkan untuk Anda jarang berkeringat, kulit manusia tetap menghasilkan sebum dan keringat walaupun dalam jumlah sedikit. Jadi, dengan memilih produk yang waterproof Anda akan membantu mempertahankan makeup. Namun, jangan lupa untuk membersihkannya dengan baik.

Keuntungan menggunakan eyeshadow ba

Setelah membaca artikel di atas, mungkin Anda masih bertanya-tanya, “Mengapa harus menggunakan eyeshadow base? Bukankah bisa menggunakan eyeshadow tanpa base?”. Untuk itu, berikut ini akan kami paparkan manfaat menggunakan eyeshadow base.

1. Warna eyeshadow lebih hidup dan tidak mudah luntur

Warna eyeshadow lebih hidup dan tidak mudah luntur

Menggunakan eyeshadow base dapat membuat warna eyeshadow Anda lebih hidup. Cukup dengan membubuhkannya pada pangkal kelopak mata, maka Anda dapat memunculkan warna eyeshadow Anda dengan indah. Selain itu, eyeshadow base juga mempermudah Anda dalam membubuhkan eyeshadow. Jika langsung menggunakan eyeshadow, warnanya akan sulit menempel. Hal ini pun menjadikan eyeshadow Anda lebih tahan lama dan tidak mudah rontok atau luntur.

2. Menghilangkan kusam dan membuat mata Anda terlihat lebih sehat dan cerah

Menghilangkan kusam dan membuat mata Anda terlihat lebih sehat dan cerah

Secara khusus, eyeshadow base yang berwarna dapat membuat mata Anda lebih hidup. Anda bisa mengaplikasikannya pada area sekitar mata agar kusam dan lelah di wajah Anda menghilang. Dengan begitu, tampilan Anda pun akan terlihat lebih sehat dan fresh. Efek lainnya adalah tampilan eyeshadow Anda jauh lebih indah karena sudah tidak ada kulit kusam.