Apa Saja Cabang Pada Psikologi Konseling?

psikologi konseling

Kegiatan konseling ini memberikan dukungan bagi klien untuk permasalahan atau keluhan yang sedang dialami saat ini untuk dicari jalan keluarnya.

Terdapat beberapa aliran terkait dengan psikologi konseling, diantaranya:

Psikologi Behaviorisme

Psikologi menurut aliran ini hanya mengamati perilaku yang bisa diukur. Aliran ini dimulai oleh Pavlov dengan beberapa percobaannya yang mendapat kesimpulan tentang adanya neurosis eksperimen. Pavlov mendefinisikan perilaku maladaptif sebagai akibat proses belajar yang salah atau stres yang berlebihan.

Penganut behavioris salngat mengutamakan proses belajar stimulus- respon sebagai penjelasan sebab – akibat terhadap tingkah laku manusia. Pavlov melakukan penelitian dengan menggunakan anjing yang ketika akan diberikan daging disertai dengan menyalakan lampu. Anjing tidak akan mengeluarkan air liur saat tidak ada daging dan sebaliknya. Namun saat hal tersebut dilakukan seca terus menerus, anjing tersebut mengeluarkan air liur meskipun tidak ada daging didepannya dan menjadi lebih garang dan tidak terkendali. Hal tersebut memperlihatkan bahwa perilaku makhluk hidup bisa berubah diakibatkan oleh lingkungannya.

Psikoanalisis

Menurut Freud, perilaku manusia apapun itu baik yang terlihat maupun tidak terlihat merupakan hasil dari peristiwa yang terjadi sebelumnya. Peristiwa terjadi ada yang kita sadari dan tidak disadari. Kepribadian mausia juga dipicu oleh alam bawah sadar yang merupakan kepribadian seseorang.

Psikologi Humanistis

Psikologi humanistis muncul setelah psikologi behaviorisme dan psikoanalisis. Abraham maslow merupakan salah satu perintis psikologi humanistis dimana dia berpendapat bahwa aliran psikologi sebelumnya lebih berkutat pada insting- insting hewani dan memahami manusia dari perilakunya yang tampak.

Perbedaan perbedaan aliran tersebut muncul dari perbedaan sudut pandang yang merupakan bentuk dasar penciptaan sains atau ilmu pengetahuan, seperti filsafat, paradigma, budaya, metode, dan lainnya.