Apa saja buah yang dapat membuat gigi sehat?

Makanan yang Anda makan juga punya peranan penting bagi kesehatan gigi. Lantas, buah-buah seperti apa yang bisa membuat gigi semakin sehat?

Buah-buahan yang kaya antioksidan
Buah-buahan yang kaya akan antioksidan seperti anggur, jeruk, stroberi dan kiwi juga baik untuk kesehatan gigi Anda. Antioksidan misalnya vitamin C, beta karoten dan vitamin E dapat menetralkan radikal bebas sehingga jaringan gusi Anda tetap terjaga. Selain itu vitamin E yang ada dalam buah-buahan tersebut dapat mengurangi radang gigi dan gusi yang ada.

Buah-buahan yang renyah dan kaya kandungan air
Buah-buahan yang renyah dan kaya akan kandungan air dapat mengurangi efek gula dan menstimulasi pengeluaran air liur. Air liur ini yang dapat membantu melindungi terjadinya pembusukan gigi dengan membersihkan gigi dari bakteri dan sisa makanan. Mengunyah buah-buahan yang renyah dan kaya dengan kandungan air secara rutin juga secara tak langsung membantu mengikis noda dan plak yang menempel pada gigi. Apel dan pir menjadi salah satu contoh buah-buahan yang renyah dan kaya akan kandungan air.

Buah-buahan yang kaya kandungan vitamin C
Kurangnya vitamin C pada tubuh dapat membuat resiko terkena radang gigi dan gusi akan menjadi lebih besar. Hal ini terjadi karena kekurangan vitamin C membuat kurangnya pembentukan jaringan kolagen di mulut, terutama di gusi sehingga meningkatkan resiko infeksi pada gusi serta lebih banyak plak dan gigi yang berlubang. Kandungan vitamin C yang Anda butuhkan bagi kesehatan gigi ini dapat Anda temukan pada buah-buahan seperti jeruk, nanas, pepaya, sirsak, stroberi dan kiwi.