Apa saja berlian-berlian terbesar di Dunia?

berlian

Tahukah kamu batu berlian yang terbesar di dunia? “Koh-I-Nor” merupakan nama sebuah berlian yang pernah ditemukan di India pada tahun 1304, dan sempat dikenal sebagai berlian yang paling besar di dunia. Bagaimana perkembangannya hingga kini?

“Koh-I-Nor” merupakan nama sebuah berlian yang pernah ditemukan di India pada tahun 1304. Beberapa abad kemudian, saat tentara inggris menduduki daerah Punjab tepatnya pada tahun 1839, berlian 186 karat itu pun dirampok lalu dihadiahkan kepada Ratu Victoria. Selama berabad-abad tersebut, “Koh-I-Nor” terkenal sebagai berlian terbesar di dunia. Namun berubah saat ditemukannya “Star of Africa One”.

Sebuah berlian paling besar di dunia, ditemukan di tambang berlian Pretoria, Afrika Selatan pada 26 Januari 1905. Nilai berlian tersebut mencapai 3.106 karat. Berlian tersebut kemudian dipotong menjadi 106 buah oleh Joseph Ascher dari Belanda. Hebatnya, setiap potongan berlian tersebut tetap bernilai tinggi mencapai jutaan dollar.

“Star of Africa One” merupakan salah satu potongan terbesar dari berlian tersebut dengan 74 irisan dan nilai 530 karat. “Star of Africa One” diberikan kepada Raja Inggris pada saat itu, Raja Edward VII, dan sekarang masih tersimpan di Menara London. Sedangkan “Koh-I-Nor” menjadi salah satu penghias mahkota Ratu Inggris.

Sumber:
sains.me