Apa saja bahaya gigi berlubang bagi ibu hamil dan janin?

Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius bahkan sejak sebelum menikah

Dari gejala yang muncul akibat gigi berlubang pada ibu hamil tersebut, peradangan merupakan salah satu dampak berbahaya bagi ibu hamil dan juga janin. Mengapa? Berikut ini adalah penjelasannya :

“Peradangan yang muncul sebagai akibat dari gigi berlubang tersebut adalah disebabkan oleh kuman dan bakteri yang bersarang pada gigi. Ya, kuman dan juga bakteri yang tinggal pada bagian gigi ini dapat menyebabkan perdangan pada gigi. Dan ternyata, peradangan pada gigi ini dapat menyebar dan juga menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal inilah yang berbahaya. Ya, kondisi penyebaran radang ini dapat membuat banyak organ lainnya menjadi ikut terkena dampaknya. Bakteri dan kuman penyebab peradangan akan mengikuti aliran darah dan menginfeksi organ tubuh lainnya. Bagi ibu hamil, bakteri penyebab peradangan ini dapat menyerang janin. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan membuat kemunculan peradangan pada perkembangan janin.”

Nah, apabila ternyata kuman dan juga bakteri penyebab infeksi dan juga peradangan ini sudah menyerang janin, maka hal inilah yang harus diperhatikan, karena sangat berbahaya dan juga bisa saja menyebabkan beberapa hal di bawah ini :

  1. Keguguran
  2. Tidak oprimalnya perkembangan janin
  3. Kelahiran tidak normal

sumber: https://hamil.co.id/gaya-hidup/pantangan/bahaya-gigi-berlubang-bagi-ibu-hamil