Apa saja bahan DIY skincare yang sebaiknya dihindari?

Bahaya-dari-DIY-Skincare-

Meracik skincare sendiri dari bahan dasar yang bisa kamu temukan di dapur memang menarik. Selain seru meracik, DIY ini bisa menekan budget kamu untuk membeli produk skincare seperti masker ataupun eksfoliasi. Tapi, di balik keseruan meracik skincare sendiri, ada beberapa bahan dasar yang sebenarnya nggak baik digunakan untuk kulit.

Gula

Ingat berita soal larangan microbeads di AS? Nah, sebenarnya ada beberapa kalangan yang keberatan. Pada kenyataannya, memang microbeads lebih gentle di kulit dibandingkan bahan scrub alami seperti almond shell yang banyak digunakan. Kalau dalam dunia DIY skincare sendiri, bahan yang paling sering digunakan sebagai exfoliator adalah gula. Madu + gula berulang-ulang muncul sebagai one exfoliator for all deh pokoknya.

Tapi sebaiknya gula dihindari, setidaknya jangan dipakai untuk wajah. Sudah pernah nyobain scrub gula-madu di wajah? Memang sih, wajah jadi halus, tapi juga sakit! Yang kulitnya sensitif, bahkan bisa iritasi. Lebih merekomendasikan bubuk kopi. Karena selain hasil sensasinya di kulit sama, namun enggak terasa menyakiti kulit. Kopi juga banyak dipakai di produk-produk hit macam Juara Invigorating Body Scrub dan Frank Scrub.

Kayu Manis

Kayu manis dianggap memiliki khasiat antiseptik dan antibakteri yang bisa membantu mengempeskan jerawat, bahkan jenis cystic sekalipun.

Sumber: