Apa saja asisten pribadi yang paling banyak digunakan di smartphone untuk menunjang keseharian?

Di tengah kesibukan dan kegiatan yang berkejaran dengan waktu, bisa jadi kita kerap terlupa atau tidak sempat melakukan beberapa hal. Di situlah mungkin kita merasa perlunya asisten pribadi. Dan kemajuan teknologi semakin memungkinkan hal itu untuk memfasilitasinya. Sekarang ini banyak sekali perusahaan teknologi berlomba lomba membuat asisten pribadi virtual

Asisten virtual tak dimungkiri saat ini telah menjadi fitur yang wajib hadir di perangkat-perangkat pintar. Pertumbuhan penggunanya pun cukup cepat seiring semakin banyak pengguna smartphone atau smart home.

Sebagai catatan, pada dasarnya, kemampuan tiap asisten virtual sebenarnya tak berbeda jauh. Melalui perintah suara, pengguna dapat meminta perangkat melakukan sejumlah tugas.

Namun mengingat setiap perusahaan memiliki perangkat sendiri dan mulai mengembangkan asisten virtual secara mandiri, sehingga saat ini ada sekitar lima asisten virtual yang dianggap paling populer.

Meski kian populer, ternyata tak seluruh orang mengenal asisten virtual yang ada saat ini. Untuk itu, berikut ini adalah daftar asisten virtual dari tiap perusahaan :

1. Siri
Siri merupakan asisten virtual buatan Apple yang dibenamkan ke perangkat-perangkatnya. Pertama kali diperkenalkan pada iPhone 4S, asisten virtual ini lantas merambah iPad dan iPod Touch.

099611000_1490686471-apllesiri

Seiring perkembangan sistem operasinya, Apple turut meningkatkan kemampuan asisten virtual ini. Terbaru, Siri dapat mempelajari kebiasaan pengguna.

Melalui pembaruan ini, Siri dapat mengerti perintah yang diberikan pengguna sehari-hari. Sebagai contoh, asisten virtual ini dapat melakukan pemesanan transportasi online, menjadwalkan pertemuan, termasuk mengirim pesan via aplikasi chatting.

Tak hanya itu, ia pun akan terintegrasi dengan aplikasi iMessage dan menawarkan sinkronisasi iCloud secara otomatis. Apple dikabarkan juga akan mengoptimalkan performa Siri untuk sistem operasi TV pintar, Apple Watch, tvOS, dan watchOS.

2. Google Assistant
Asisten virtual ini pertama kali diperkenalkan di seri smartphone Google Pixel bulan lalu. Namun tak butuh waktu lama bagi Google untuk memperluas cakupan Google Assistant.

097349800_1504498291-01-google-asisstant

Kini, layanan asisten virtual ini hadir pula di perangkat Android yang sudah menjalankan versi Marshmallow dan Nougat. Sama seperti asisten virtual lain, fitur di aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat janji, bertanya soal informasi, termasuk terhubung dengan perangkat Google lain.

Bahkan, pengguna aplikasi chatting Allo kini dapat mengajak bicara Google Assistant dalam bahasa Indonesia. Menurut Product Lead Google Allo, Adam Rodriguez, pengguna bisa menambahkan Google Assistant ke dalam percakapan grup atau percakapan pribadi untuk menanyakan hal apa pun.

Kemampuan Google Assistant berbahasa Indonesia tak lepas dari jumlah pengguna di Tanah Air yang terus meningkat. Karena itu, kemampuan asisten virtual ini juga akan terus ditingkatkan.

3. Alexa
Alexa merupakan sistem berbasis perintah suara yang dikembangkan Amazon untuk speaker besutannya, Echo. Kemampuan Alexa mencakup perintah untuk menyalakan lampu atau memasang lagu di rumah.

004858400_1504498448-02-alexa

Seiring perkembangkan waktu, asisten virtual ini juga merambah produk lain, seperti Amazon Dot dan Tap. Kepopuleran asisten virtual ini juga dilaporkan terus menanjak bahkan mulai menyusul Siri.

Alasannya, pengguna Echo terus tumbuh dengan cukup cepat dan berimbas pada adopsi pengguna Alexa. Tak hanya itu, interaksi pengguna dengan Alexa juga lebih konsisten ketimbang tahun lalu.

Terbaru, Amazon dan Microsoft baru saja mengumumkan kerja sama yang fokus pada integrasi asisten virtualnya, Alexa dan Cortana. Jadi, pengguna bisa memanfaatkan perangkat berbasis Alexa untuk menggunakan fitur milik Cortana.

4. Cortana
Asisten virtual besutan Microsoft ini pertama kali meluncur di Windows Phone 8.1. Memiliki kemampuan serupa asisten virtual lain, Cortana kini juga telah menyambangi Windows 10.

090811300_1504498633-03-cortana

Tahun lalu, Microsoft juga memperluas kemampuan Cortana dengan integrasi lebih baik untuk aplikasi email Outlook dan kalender. Selain itu, juga lebih pintar dalam mengenali waktu secara spesifik dan permintaan aktivitas.

Fitur baru lainnya termasuk membalas pesan yang datang dari ponsel Android di PC Windows. Selain itu, developer juga akan bisa mengintegrasikan Cortana ke dalam aplikasi mereka sehingga pengguna dapat melakukan tindakan dengan suara dan fungsi otomatis lainnya.

Source :
Mario Damar, Agustinus. # Asisten Virtual Paling Populer Saat Ini . http://tekno.liputan6.com/read/3078766/asisten-virtual-paling-populer-saat-ini. (dikutip pada 10 Desember 2017)

Asisten virtual adalah topik hangat yang banyak diperbincangkan oleh para penggemar teknologi. Tiga nama besar di industri teknologi, yaitu Apple, Google, dan Microsoft masing-masing mempunyai asisten virtual-nya sendiri. Apple punya Siri, Google menciptakan Google Now, dan Microsoft hadir lewat Cortana. Sebagai asisten, ketiganya mengemban misi yang sama, yakni memudahkan rutinitas pengguna perangkat mobile sehari-hari.

  1. Siri

Siri bisa diserahkan berbagai macam tugas, mulai dari mengirim pesan teks, membuat reminder, mencari informasi di Internet, sampai memutar musik yang tersimpan di library maupun di Apple Music. Letak keunikan Siri ada pada kepribadiannya yang menyenangkan. Siri tidak segan untuk bercanda dari waktu ke waktu. Ia pun siap belajar bagaimana cara mengucapkan nama Anda. Anda juga dibebaskan untuk mengganti jenis kelamin Siri. Terdapat juga pilihan antara suara perempuan atau laki-laki. Siri cocok bagi Anda yang ingin akrab dengan teknologi dan menjadikannya layaknya seorang teman. Ini karena sifatnya yang ramah.

  1. Google now
    Berbeda dari Siri, Google Now hampir tidak punya kepribadian. Ia hanya akan menjawab pertanyaan dengan suara yang datar, tanpa memberikan kesan bahwa ia merupakan asisten pribadi Anda.

Google Now lebih mengedepankan efisiensi. Ia siap menerima pertanyaan kapan saja Anda bersuara “OK Google”. Google now juga proaktif, tanpa menerima instruksi dari Anda, ia akan menampilkan info ramalan cuaca pada kawasan Anda berada.

Saat jam pulang kerja sudah tiba, Google Now akan menampilkan petunjuk navigasi menuju rumah Anda secara otomatis, lengkap dengan informasi kepadatan lalu lintas. Semua ini makin sempurna berkat kemampuan berbagai aplikasi untuk diintegrasikan ke dalam Google Now.

Google Now layak jadi pilihan bagi Anda yang ingin praktis memanfaatkan asisten. Ini karena cara kerjanya yang seperti robot. Berbeda dengan Siri yang juga berperan sebagai teman.

  1. Cortana

Cortana menggabungkan sejumlah keunggulan yang dimiliki Siri dan Google Now. Seperti Siri, ia juga bisa berperan sebagai teman. Tapi, di saat yang sama kegigihannya mengumpulkan informasi seakurat mungkin bisa disetarakan dengan Google Now.

Di Windows 10, Cortana bisa Anda panggil menggunakan suara “Hey Cortana”, sama seperti Google Now. Jadi, selain efisien dan berkepribadian menyenangkan, Cortana juga siap mendengarkan Anda kapan saja.

Sumber :

Apa saja asisten pribadi yang paling banyak digunakan di smartphone untuk menunjang keseharian?

Siapa yang tidak senang memiliki asisten pribadi. Jika dulu orang harus rela membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya, namun di era teknologi maju seperti sekarang, peran itu dapat tergantikan oleh smartphone. Maka inilah beberapa aplikasi yang dapat berperan menjadi asisten pribadi.

  1. Jarvis
    image
    Jarvis yakni salah satu aplikasi android yang mampu untuk dijadikan sebagai aisten pribadi, namun untuk aplikasi jarvis ini hanya mendukung bahasa inggris. Aplikasi tangan kanan eksklusif yang mampu di ajak berbicara menyerupai jarvis ini lebih dari sekedar sebuah show off, aplikasi ini mampu menjadi tangan kanan untuk menawarkan informasi ihwal cuaca, isu terupdate, panggilan masuk, pesan teks dan masih banyak lagi yang lainnya menyerupai menyalakan WiFi secara otomatis, flash, Bluetooth, sampai mengatur pengingat berdasarkan pengguna. Fitur lain yang terdapat pada Aplikasi Jarvis ini yakni dukungan widget untuk menyimpan catatan, dukungan wearable yang mampu anda minta untuk memainkan lagu, Alarm Wake Up, melaksanakan panggilan dan mengirim pesan hanya dengan mengatakan pada Jarvis, pemberitahuan notifikasi, pembaruan wallpaper otomatis, pengingat untuk pengguna, Pencarian umum, dan masih banyak lagi lainnya.

  2. Indigo Virtual Assistant
    image
    Aplikasi ini menyerupai untuk ke masa depan dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau mampu disebut dengan kecerdasan buatan. Dengan menggunakan Aplikasi indigo virtual tangan kanan hidup serasa di permudah, alasannya indigo mampu baca berita, play/pause lagu dengan perintah suara, mencari apa yang dibutuhkan dengan menggunakan google, wikipedia, bing, youtube, dll. Selain itu juga bisa menerjemahkan apa yang dikatakan dalam bahasa apa yang diinginkan, terhubung dengan media umum menyerupai Facebook dan twitter, perkiraan cuaca lokasi yang dituju untuk hari ini dan hari esok, mencari restoran terbaik dan terdekat, set alarm sebagai pengingat, lebih cepat menemukan lokasi dengan sumbangan voice google maps, membaca dan mengirim pesan teks, dan masih banyak fitur keren lainnya.

  3. Zandra
    image
    Aplikasi android yang mampu diajak curhat, ya sebutan itu memang pantas untuk aplikasi android menyerupai tangan kanan eksklusif yang satu ini. Zandra merupakan sebuah inovasi yang baru, karena ini seperti memiliki sebuah aplikasi tangan kanan eksklusif sendiri tanpa membayarnya mahal untuk seorang tangan kanan berwujud manusia. Segalanya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, mampu mengerti lebih dari sekedar perintah. Zandra juga dapat membantu untuk melaksanakan aktifitas smartphone seperti, melaksanakan panggilan keluar, mengirimkan pesan singkat sms, pencarian web hanya dengan mengatakan keywordnya, mengetahui cuaca hari ini, mengontrol WiFi, GPS, dan masih banyak lagi lainnya.

  4. Google Now
    image
    Aplikasi android yang mampu di ajak bicara menggunakan bahasa Indonesia selanjutnya yakni aplikasi yang berasal dari google, yaitu berjulukan Google Now. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan andorid paling rendah yakni 4.1 Jelly Bean. Anda dapat menawarkan perintah bunyi apa saja dengan menanyakan hal yang ingin Anda ketahui. Berbagai hal tersebut mampu berupa cuaca, membuka aplikasi, mengatur kegiatan harian dan lain sebagainya. Aplikasi Google Now sudah di rancang sebaaik mungkin sehingga software yang mampu ia ajak ngomong bahasa Indonesia ini mampu memahami dan merespon bunyi dengan sangat baik jikalau di bandingkan dengan aplikasi lainnya.

  5. Dragon Go
    image
    Meskipun tidak sehebat Google Now, Dragon Go dirancang dengan kelebihan lain. Fitur itu adalah Dictation. Dictation atau teknologi pengenalan suara, memungkinkan Anda untuk membuat email, teks dan memo di mana saja dengan mudah. Aplikasi ini diklaim memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi untuk menyalin suara menjadi sebuah tulisan. Bahkan dikatakan lebih hebat dari Siri milik Apple. Dragon Go juga dapat di singkronisasikan dengan Netflix, iTunes dan Spotify untuk voice control. Pengguna dapat juga mendownload-nya di Google Play Store.

  6. Robin
    image
    Aplikasi yang dinamakan mirip patner Batman ini, diklaim memiliki fungsi-fungsi menarik. Diantaranya, fitur khusus berupa kemampuan untuk mencari parkir murah. Robin juga dapat digunakan untuk memeriksa arah, membuat pesan tanpa harus mengetiknya dengan tangan (hands free) dan lainnya. Aplikasi ini didedikasikan untuk mengenang aktor kenamaan Robbin Williams dan kabarnya sengaja ditujukan untuk menjadi penantang Siri, voice assistant milik Apple.

Sumber :
(http://ngeeneet.blogspot.co.id/2012/10/unduh-4-aplikasi-android-yang-bisa.html)
(https://techno.okezone.com/read/2014/12/21/207/1082192/tiga-aplikasi-asisten-pribadi)