Apa saja aktivitas dan peran seorang pemimpin?

Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki superioritas tertentu, sehingga dia memiliki kewibawaan dan kekuasaan untuk menggerakan orang lain melakukan usaha bersama guna mencapai sasaran tertentu.

Apa saja aktivitas dan peran seorang pemimpin ?

Luthans (1992) membagi aktivitas dan peran pemimpin menjadi empat, yaitu:

  • Communication: aktivitas ini terdiri dari informasi yang terus berubah dan proses pekerjaan di dalam menulis. Perilaku yang dapat diamati berupa menjawab perosedur pertanyaan, menerima dan menyebarkan permintaan informasi, menyampaikan hasil pertemuan (meeting), memberi dan menerima informasi rutin baik melalui telepon, email, membaca laporan, menulis laporan/memo/surat, laporan keuangan rutin dan pemegang buku dan kas.

  • Traditional Management: aktivitas ini terdiri dari perencanaan, membuat keputusan dan mengontrol. Perilaku yang dapat diamati meliputi penempatan tujuan dan sasaran, membagi tugas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tujuan, membuat jadwal karyawan, menangani tugas- tugas, instruksi-instruksi rutin, menegaskan permasalahan, menangani masalah dari hari ke hari, memutuskan apa yang harus dilakukan, mengembangkan prosedur baru, inspeksi kerja, berkeliling untuk menginfeksi kerja, memantau data kinerja, memenuhi kesejahteraan karyawan.

  • Human Resource Management: aktivitas ini terdiri atas beberapa kategori; memotivasi/reinforcement, disiplin/punnishment, management konflik, susunan kepegawaian, dan pelatihan/pengembangan. Karena hal ini tidak secara umum dapat diamati, kategori disiplin/punnishment yang dapat dianalisa. Pengamatan perilaku untuk aktivitas ini meliputi memberikan penghargaan atau imbalan, meminta masukan, memberikan feedback positif, memotivasi, menangani konflik, meninjau aplikasi (surat lamaran), melakukan wawancara pada aplikasi, memenuhi apa yang dibutuhkan, orientasi karyawan, mengatur pelatihan, menjelaskan tugas-tugas, melakukan pelatihan, memberikan saran, dan mengamati tugas karyawan.

  • Networking: aktivitas ini terdiri dari sosialisasi/politik dan interaksi dengan lingkungan luar. Perilaku yang dapat diamati diasosiasikan dengan perilaku yang meliputu relasi-network “percakapan”; bercanda, diskusi rumor, kabar angin, komplein, keluhan; politik, berlaku adil terhadap pelanggan, supliyer dan yang membantu pekerjaan; memperhatikan pertemuan diluar organisasi; dan melakukan dalam tugas-tugas tertentu.