Apa saja akibat yang terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi es / makanan minuman dingin pada gigi ?

Ice Cream, Ice Tea, dan makanan minuman dingin lainnya tentu menjadi favorite kita semua. Tapi tahukah anda terlalu banyak mengkonsumsi hal tersebut memiliki dampak pada kesehatan gigi kita.

“Saat mengunyah es batu, pada dasarnya sama saja seperti Anda mengunyah batu. Ketika melakukannya, Anda bisa dengan mudah mematahkan gigi atau bahkan mengikis lapisan gigi,” kata Jonathan Schwartz, DDS, dokter gigi dari Manhattan Dental Health.

Dikutip dari Men’s Health, Schwartz mengingatkan meski gigi berbentuk keras, tapi gigi tidak dirancang untuk menahan tekanan seperti ‘hantaman’ es batu. Sama halnya ketika seseorang menggunakan giginya sebagai alat untuk membuka botol. Bagaimanapun, risiko kerusakan pada gigi bisa terjadi.

Sementara, Dr James Jacobs dari University of Pennsylvania and Columbia University, mengatakan mengunyah sesuatu yang dingin dan keras seperti es berpotensi mengejutkan saraf di gigi. Pada akhirnya, bisa terjadi kerusakan saraf gigi bahkan sampai membutuhkan terapi di saluran akar gigi.

Dilansir Mayo Clinis, hematolog Ruben Mesa, MD mengatakan jika seseorang cenderung sering mengunyah es, tubuh bisa saja sedang memberi tahu bahwa terjadi kekurangan zat besi. Selain itu, Mesa menekankan bahwa pengunyah es lebih mungkin memiliki masalah emosional seperti tingkat stres yang tinggi bahkan gangguan obsesif-kompulsif.