Apa saja agensi-agensi yang menaungi artis kpop dikorea?

Big Hit Entertainment (Hangul: 빅히트 엔터테인먼트) adalah label rekaman Korea Selatan yang didirikan pada tahun 2005 oleh produser musik dan mantan komponis JYP, Bang Si-Hyuk, atau dikenal juga sebagai “Hitman Bang”. Saat ini, Big Hit hanya menaungi BTS, Homme, dan solois Lee Changmin dan Lee Hyun. Big Hit perlahan-lahan mulai bangkit dari keterpurukan setelah semakin bersinarnya BTS, padahal ketika mulai didirikan, Bighit memiliki banyak hutang dan terancam bangkrut. Lalu, apa saja agensi-agensi yang menaungi artis kpop dikorea?

YG Entertainment (Hangul: YG 엔터테인먼트) adalah perusahaan hiburan asal Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1996 di Seoul, Korea Selatan. “YG” merupakan singkatan dari Yang‑gun (양군) yang diambil dari nama panggilan sang pendiri sekaligus direktur eksekutif, Yang Hyun-suk. Perusahaan ini beroperasi sebagai label rekaman, agen pencari bakat, perusahaan produksi musik dan konser, manajemen acara dan penerbit musik. Selain itu, perusahaan ini juga mengoperasikan sejumlah perusahaan anak, termasuk lini pakaian, manajemen golf dan merek kosmetik. YG Entertainment adalah salah satu dari tiga label rekaman terkemuka di industri K-pop bersama dengan S.M. Entertainment dan JYP Entertainment.

Setelah menaungi grup hip-hop 1TYM, kini YG Entertainment merupakan rumah bagi sejumlah penyanyi K-pop ternama yang telah berhasil menarik perhatian internasional, seperti Psy, Big Bang dan 2NE1, serta aktor dan aktris seperti Kang Dong-won, Choi Ji-woo, Cha Seung-won dan Lee Jong-suk. Dalam hal kontribusi penghasilan perusahaan, Big Bang adalah penyumbang pendapatan terbesar dengan penjualan album Made sebanyak 4,2 juta kopi di Tiongkok dan lebih dari 13,3 juta kopi di seluruh Asia. Seluruh konten resmi yang dirilis oleh YG dan artisnya telah disaksikan lebih dari 7 miliar tampilan di YouTube.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/YG_Entertainment

S.M. Entertainment adalah perusahaan hiburan Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1995 oleh Lee Soo-man. Perusahaan ini sekarang menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan. Perusahaan ini beroperasi sebagai label rekaman, perusahaan produksi musik dan konser, manajemen acara dan rumah penerbitan musik. Label ini adalah rumah bagi artis K-pop ternama seperti BoA, S.E.S., TVXQ, TRAX, The Grace, Super Junior, Girls’ Generation, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, NCT, dan dulunya merintis grup H.O.T, Fly to the Sky, dan Shinhwa. Label ini juga memanajeri beberapa pemeran seperti Kim Min-jong dan Lee Yeon-hee.

Cube Entertainment adalah perusahaan rekaman Korea Selatan, didirikan di Korea Selatan pada tahun 2006 oleh Hong Seung-sung, mantan Presiden JYP Entertainment. Label musik didistribusikan oleh Universal Music Korea, CJ E&M Music and Live dan LOEN Entertainment.

Sejarah
Cube Entertainment didirikan pada 29 Agustus 2006 oleh Hong Seung-sung (aka Simon Hong), mantan presiden JYP Entertainment, dan Shin Jung-hwa (Monica Shin) sebagai Playcube Inc. Karena hubungan masa lalu pendirinya, Cube Entertainment sering kali keliru sebagai anak perusahaan dari JYP Entertainment. Namun, Cube Entertainment adalah sebuah perusahaan independen. A-Cube Entertainment, didirikan pada 2011, adalah anak perusahaan pertama.

Artis Cube termasuk 4Minute, Beast, G.NA dan Rain. Artis A-Cube saat ini terdiri dari Mario, Huh Gak dan A Pink. Artis Cube DC terdiri dari BtoB, Roh Ji-hoon dan M4M. M4M adalah kelompok dilatih, bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok Xing Tian dan mereka akan mempromosikan di Tiongkok. Komedian Kim Kiri, yang merupakan anggota pemain tetap pada Gag Concert, menandatangani kontrak bersama Cube pada September 2012, membuatnya komedian pertama di bawah label tersebut.

Di akhir tahun 2015, Plan A Entertainment (sebelumnya bernama A Cube Entertainment) yang menaungi Huh Gak dan Apink, diakuisisi oleh distributornya, LOEN Entertainment. LOEN menginvestasikan 70% saham pada Plan A, membuatnya sebagai label independen yang didistribusikan oleh LOEN Entertainment. Plan A Entertainment kini telah resmi menjadi salah satu dari berbagai perusahaan independen di bawah LOEN Entertainment dan tidak lagi di bawah Cube Entertainment. Pada Maret 2016 Cube Entertainment membuka anak usaha baru – Starline Entertainment. Penyanyi Wax dan Shin Ji Hoon saat ini dikontrak oleh Starline Ent.