Apa Rencana Hidup Kalian di 5 Tahun yang Akan Datang?

Setiap orang yang ingin memiliki masa depan yang baik harus melakukan perencanaan dan membuat atau menyusun rencana masa depan . Hal ini sangat berguna dalam membuat kita memiliki panduan, pegangan, pedoman atau acuan demi masa depan dan impian kita yang dapat dicapai. Walau sekarang kita masih berada di bangku mahasiswa, pasti tiap dari kita sudah ada yang memikirkan apa yang akan kita lakukan, atau apa yang harus kita raih di masa depan.

Nah Youdics, kira-kira, bagaimana rencana hidup kamu di 5 tahun yang akan datang?

1 Like

Walaupun ada yang bilang bahwa masa depan tidak ada yang tahu, namun setidaknya kita bisa berencana dan melakukan prediksi agar lebih siap menghadapi masa depan.

Sama seperti kalian, saat ini saya masih ada di bangku kuliah, semester akhir dan harapannya lulus dalam waktu dekat. Saya memang belum memikirkan dengan detail apa dimana dan kemana masa depan saya, namun saya sudah memikirkan garis besarnya dari sekarang.

Setelah lulus, tentu prioritas saya adalah segera mendapatkan pekerjaan. Gaji tidak harus terlalu besar, yang penting saya punya pemasukan rutin untuk hidup sehari-hari dan menabung. Saya akan menerapkan gaya hidup minimalis dan hemat, alias frugal, agar dapat menabung. Daripada membelanjakan uang untuk hal-hal kecil lebih baik mengumpulkannya untuk hal yang lebih besar. Soal menjalin relationship apalagi menikah itu belum ada dalam agenda saya. Terikat komitmen dan tanggung jawab finansial di usia muda itu tidak enak rasanya. Nikmatilah masa muda dulu sendiri, dengan uang sendiri.

1 Like

Lumayan banyak sih, meskipun aku sering mikir “bisa ga ya?” tapi aku yakin kalau terus berusaha gaada yang ga mungkin. Di 5 tahun ke depan aku pengen udh punya kerjaan tetap di bagian desain grafis, lancar bahasa korea dan bisa lanjutin studi S2 di bidang desain grafis atau media di Korea Selatan dengan beasiswa. Semoga bisa tercapai Aamiin

1 Like

Rencana hidup saya 5 tahun ke depan adalah tahun depan saya ingin bisa mengerjakan tugas akhir dengan baik dan lancar serta bisa lulus tepat waktu. Selanjutnya saya berencana untuk daftar CPNS dan mencari pekerjaan tetap. Setelah mendapat pekerjaan, saya ingin menabung, melakukan investasi, dan membantu orang tua untuk memperbaiki perekonomian keluarga. 3-4 tahun lagi saya berdoa perekenomian keluarga sudah stabil, bisa membawa kedua orang tua ke Mekkah. Lalu 5 tahun lagi saya berencana untuk bisa menikah hehe.

1 Like

Kalau saya pribadi berharap dapat lulus kuliah dalam waktu dekat dan mulai bekerja serta fokus membangun karier. Di sisi lain, saya juga berencana untuk melanjutkan studi S2 di luar negeri sambil mencoba juga bekerja di sana. Ditambah keingin untuk belajar bahasa baru seperti bahasa Jepang dan bahasa Perancis membuat perencanaan saya ke depan menjadi semakin banyak. Walaupun tak tahu akan seperti apa masa depan, namun saya rasa perlu dicoba dan dijalankan perlahan rencana tersebut.

1 Like

Saya pribadi sebenarnya belum tahu apa rencana hidup saya untuk 5 tahun yang akan datang, tetapi jika disuruh menyebutkan, 5 tahun yang akan datang untuk karrir, saya ingin sekali menjadi seorang manager di perusahaan big4 yang ada di indonesia.

1 Like

Pastinya mendapat pekerjaan yang layak serta dapat climb up the ladder untuk mencapai posisi terkemuka di perusahaa. Kemudian selagi bekerja, juga membuka usaha sampingan sebagai sumber side income. Jangan lupa juga investasi sejak dini. Rencana untuk melanjutkan pendidikan S2 juga ada, ketika kesempatan ada pasti akan saya ambil kapanpun.

1 Like

Jujur kalo ditanya hal itu aku bingung jawabnya. Saat ini aku lagi berusaha to get better to my stepping stones, so ya just do it. I don’t wanna make any expectation or even something bigger.

Saat ini sebisa mungkin aku bisa mengambil peluang yang ada dan menjaga-mempertahankan yang baik buat aku.

Semoga aku, kamu, kita bisa mendapatkan masa depan yang diinginkan aamiin.

1 Like