Apa Pesan Moral yang terkandung dalam film anime Koe No Katachi ( A Silent Voice )

ishida sangat dibenci oleh teman-teman sekolahnya karena sering membuly nishimiya. nishimiya adalah seorang tuli yang bersekolah di sekolah biasa, karena keterbatasannya ia sering menyusahkan teman-teman lainnya hingga ishida menjadi membulynya.

anime kadang kala memberikan pesan moral yang begitu berharga, baik itu secara langsung maupun tidak langsung dari sebuah karya itu. Terutama pesan moral itu yang cukup menginpirasi manusia agar berada di jalan yang benar. Selain itu pula, pesan moral ini cukup menjadi daya tarik audiens dalam menonton anime dan nilai jual dari sebuah anime. Pesan Moral yang tertanam dalam Movie Koe no Katachi. Koe no Katachi memang secara terang-terangan memberikan pesan moral kepada para Audiens. Sehingga menghasilkan nilai plus dalam anime ini sekaligus pembawaan dari studio **Koe no Katachi. ** yang begitu baik dalam mengelolanya. Pesan moral yang ingin disampaikan oleh Yoshitoki Ooima selaku mangaka dan kreator Koe no Katachi. sebelumnya kalian harus tau tentang apa itu anime Koe no Katachi.

Koe no Katachi adalah anime movie yang menceritakan kehidupan dari seorang Shouya Ishida yang dulu pernah menindas seorang yang baru saja pindah sekolah, Shouko Nishimiya. Shouko Nishimiya, seorang gadis tuna rungu. Karean keterbatasannya, rasa ingin tahu teman-temannya sangat meningkat sehingga mereka ingin tahu banyak bagaimana cara untuk berkomunikasi. Namun karena sulitnya untuk mengatasi perbedaan yang begitu jauh. Maka Teman-temannya memutuskan ikatan persahabatannya dan mencoba menindasnya. Disitulah Shouya Ishida bermain peran sebagai pemimpin pem"Bully’an Nishimiya.

Namun karena sikapnya yang keterlaluan, Nishimiya harus pindah sekolah barunya tersebut dan Ishida akhirnya mendapatkan sebuah karma yang berat. Ishida harus mersakan hal-hal yang sangat luar biasa dalam hidupnya sebagai orang yang pernah membully orang yang pernah dibully. Shouya harus menghadapi banyak sekali cobaan, yaitu dirinya harus ditinggal oleh teman-temannya, menjadi sangat depresi, dan tidak memiliki rencana masa depan. Ishida ingin melakukan penebusan agar semua ikatan masa lalunya hilang semua.

Berikut pesan moral yang ingin disampaikan oleh anime Koe no Katachi :

1. Jangan Membully Sebelum Dibully maka akan mendapat Karma

Satu-satunya yang kental sekaligus mendominan dalam anime ini adalah Karma yang diperoleh dari seorang pembully. Setiap orang yang dahulu telah melakukan kejahatan maupun penindasan pasti akan menerima akibat yang setara apa yang pernah ia lakukan. Bahkan lebih sakit daripada apa yang telah ia perbuat kepada orang yang ia tindas. Demikian yang dilakukan Shouya kepada Nishimiya sehingga Ishida harus menerima akibat bertahun-tahun dari kelas 6 SD Hingga mau Lulus SMA. Oleh sebab itu, janganlah membully sebelum di’bully’. Sebuah pelajaran inti yang cukup baik di Koe no Katachi.

2. Teman adalah Segalanya dalam Kehidupan

Manusia adalah Makhluk Sosial, maka manusia membutuhkan orang lain dalam kehidupan mereka. Demikian yang diinginkan oleh Shouya Ishida. Dirinya yang semula memilliki banyak teman dan terkenal sekelasnya harus ditinggal satu persatu oleh temannya sendiri karena tingkah lakunya yang begitu jahat kepada Nishimiya. Namun lambat laun, dirinya mulai sadar bahwa dirinya telah tinggalkan oleh temannya. Oleh sebab itu, dirinya membutuhkan teman agar dirinya dapat menjadi makhluk sosial terhadap sesamanya.

3. Saling Menerima Kekurangan Seseorang

Satu-satunya yang harus kita mengerti bahwa setiap manusia memiliki kekurangan mereka masing-masing. Kekurangan ini yang menjadi hal bahan ejekan setiap orang sehingga mereka seenaknya dapat memberlakukan orang ini. Namun disinilah letak dimana setiap manusia harus menerima kekurangan mereka. Sebab kekurangan dalam kehidupan manusia harus dibantu dengan kelebihan agar kehidupan manusia menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Seperti Shouya kepada Shouko yang sulit untuk mengerti bagaimana sifat Shouko berserta kekurangannya. Shouko baru dapat diterima banyak orang setelah semua orang mulai mengerti kekurangannya yang ada dalam dirinya, yakni tuli.

selain ketiga pesan moral tersebut film anime ini Sejujurnya, anime ini memiliki banyak makna dan banyak moral yang terkandung dalamnya. Oleh karena mengajarkan pada kehidupan manusia akan saling menghargai sesama manusia dengan kelebihan yang dimiliki agar menutupi kekurangan yang dimiliki oleh setiap manusia. Pesan Moral yang diberikan sangat masuk ke dalam hati serta dihiasi dengan berbagai keindahan yang luar biasa. Maka anime ini sangat layak sekali untuk ditonton.

Ringkasan

https://gomunime.com/koe-no-katachi-sub-indonesia/