Apa perbedaaniIklan display dan advertorial?

Advertorial adalah iklan yang digunakan untuk mempromosikan pandangan tertentu, istilah ini berasal dari advertising dan editorial. (Kleppner, 1992:509)
Tulisan advertorial adalah iklan. Hanya saja, berbeda dengan iklan display, advertorial terkesan sebagai suatu berita sebagaimana dalam surat kabar atau majalah pada umumnya. Namun kini advertorial merambah ke televisi dan media online. Gambar diatas merupakan salah satu contoh advertorial.

Perbedannya ada pada tujuan. Iklan display bertujuan untuk membangkitkan minat khalayak sesuai pesan yang diiklankan, agar mereka tertarik membeli produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga menghasilkan keluaran bersifat kuantitatif. Sedangkan, tulisan advertorial menjadi bagian dari aktifitas below the line. Tujuannya mencoba membangun kesadaran merek (brand awareness), citra merek, citra perusahaan (corporate image), atau menyajikan informasi agar pembaca lebih mengenal produk atau jasa.

Menurutmu, Iklan display atau advertorial yang lebih efektif menarik minat konsumen?