Apa perbedaan virus dan worm?

Sumber Gambar

https://www.123rf.com/photo_121910144_stock-vector-computer-virus-internet-security-attack-vector-illustration.html

Sebuah virus komputer adalah jenis malware yang menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya ke dalam program lain dan menjadi bagian dari program tersebut. Virus dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain, dari program yang sudah terinsfeksi . Virus dapat menyebabkan kerusakan data atau program. Hampir semua virus melekat pada sebuah file executable, yang berarti virus mungkin ada pada sebuah sistem tetapi tidak akan aktif atau dapat menyebar sampai pengguna menjalankan atau membuka file host berbahaya atau program tersebut.

Ketika program yang sudah terinfeksi dijalankan,maka perintah dari viruspun dijalankan. Biasanya, program host yang terinfeksi masih dapat terus berfungsi . Namun, ada beberapa virus yang langsung merusak program host tersebut. Virus juga dapat menyebar ketika software atau dokumen yang terinfeksi dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain menggunakan jaringan, disk, file sharing, atau juga Email.

worm pada komputer mirip dengan virus yang dapat menyebar dengan cara menyalin diri sendiri dan dapat menyebabkan kerusakan yang hampir sama dengan virus. perbedaaannya adalah worm tidak membutuhkan sebuah program atau file yang terinfeksi dalam proses penyebaran, worm adalah perangkat lunak yang mandiri dan tidak memerlukan program host atau bantuan manusia untuk menyebarkannya. teknik yang digunakan oleh worm yaitu mencari celah keamanan pada sistem target atau juga menggunakan trik kecil agar kita menjalankan worm, seperti link download yang menginstall program tertentu.

VIRUS

  • Virus membutuhkan bantuan manusia untuk mengeksekusi dan menyebar.
  • Virus menempel dengan host dan menyebar ke mana host mencapai.
  • Virus menghancurkan, merusak, atau mengubah file di komputer yang terinfeksi.
  • Kecepatan penyebaran virus rendah dibandingkan dengan worm.
  • Untuk membersihkan infeksi virus atau menghentikan infeksi, pengguna memerlukan antivirus.

Worm

  • Worm secara otomatis mengeksekusi dan menyebar.
  • Worms tidak membutuhkan host dan mengeksploitasi kerentanan jaringan untuk menyebar.
  • Worms tidak memengaruhi file tetapi meningkatkan penggunaan sumber daya untuk merusak sistem atau jaringan.
  • Kecepatan penyebaran worm cepat, dan cepat menginfeksi beberapa komputer atau jaringan.
  • Untuk menghapus infeksi worm atau mencegah infeksi, pengguna perlu antivirus dan firewall.
Referensi

https://www.google.com/search?q=google+translate&rlz=1C1CHBF_enID721ID721&oq=goog&aqs=chrome.0.69i59l3j69i60l3j69i65l2.1262j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
https://www.malwarefox.com/virus-worm-difference/