Apa Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

sunscreen dan sunblock

Di antara beragam pilihan produk pelindung matahari yang ditawarkan di pasaran, menentukan produk yang tepat kadang bisa sangat membingungkan. Lalu apa perbedaan jelas antara sunscreen dan sunblock?

Sunscreen dianggap hanya membuat lapisan (as a screen) untuk melindungi kulit dari sinar matahari; ada sinar matahari yang terserap dan ada juga yang tidak bisa diserap dalam kulit. Sedangkan sunblock dianggap mampu menghalangi (block) semua sinar matahari, UVA dan juga UVB. Sunscreen biasanya hanya melindungi kulit dari sinar UVB yang bisa menyebabkan kulit terbakar, namun ada beberapa sunscreen yang tidak memiliki kandungan untuk menangkal sinar UVA.

image

Kandungan yang Membedakan

Sunscreen umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu chemical dan physical. Chemical sunscreen mampu menyerap sinar matahari. Sedangkan physical sunscreen bekerja dengan menghalangi sinar matahari. Yang terakhir ini yang juga sering disebut sebagai sunblock. Chemical sunscreen memiliki kandungan seperti Aminobenzoic acid, Avobenzone, Cinoxate, Dioxybenzone serta berbagai kandungan lainnya. Beda lagi dengan physical sunscreen yang memanfaatkan kandungan titanium dan zinc sebagai UV Filter. Jadi cara mudah membedakan sunblock dan sunscreen bisa dilihat dari kandungan produknya, jika tidak menyertakan titanium dan zinc maka produk tersebut merupakan chemical sunscreen.

Cara Kerja

Chemical sunscreen bekerja dengan cara memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sedangkan physical sunscreen berfungsi menghalau sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit. Perbedaan cara kerja inilah yang menyebabkan chemical sunscreen harus diaplikasikan 20 menit sebelum Anda berada di bawah sinar matahari, karena kandungannya membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit. Berbeda dengan sunblock atau physical sunscreen yang bisa langsung bekerja sesaat setelah diaplikasikan pada kulit.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/ketahui-perbedaan-antara-sunblock-dan-sunscreen/

1 Like

Untuk menghindari tubuh kita terpapar sinar matahari secara langsung, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan tabir surya pada kulit sebelum beraktifitas di luar. Kosmetik ini diformulasi mengandung bahan yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tabir surya dapat berupa sunscreen dan sunblock. Berikut perbedaanya, yakni:

1. Sunscreen, sesuai dengan namanya, berfungsi menyaring (screen, filter) sinar ultraviolet. Sunscreen bekerja menyerap sebagian radiasi ultraviolet dan mengurangi radiasi yang berbahaya untuk kulit. Dan biasanya yang disaring adalah sinar UVB sesuai dengan sifat panjang gelombang nya yang tidak sampai menembus jaringan kulit lebih dalam.

image
Gambar 1. contoh produk sunscreen

2. Sunblock, berfungsi memblok (menghambat) atau memantulkan sinar ultraviolet. Sunblock memiliki kandungan zinc oxide atau titanium dioxide yang berfungsi memantulkan radiasi UV. Perlindungan yang diberikan sunblock bersifat fisik dan hanya bisa menghalangi sinar UVA.

image
Gambar 2. contoh produk sunblock

Para produsen kini telah banyak memformulasi Sunscreen dikombinasikan dengan Sunblock yaitu produk yang mengandung SPF (identik dengan UVB) dan PA (identik dengan UVA) sekaligus.