Apa perbedaan Repling dan Prusiking dalam panjat tebing?

repling vs prusiking
Repling ( rappeling ) dan Prusiking adalah dua kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh penggiat alam sepertipramukaamuka atau pencita alam, apalagi panjat tebing. Meskipun tidak selalu digunakan dalam pemanjatan, repling dan prusiking tepatlah menjadi salah satu materi dasar dalam panjat tebing karena kegiatan repling dan prusiking hanya bisa dilakukan apabila ada ketinggian atau kecuraman dan tali tanpa itu kita tidak bisa melakukan rapling dan prusiking.

Prusiking

Prusik (diucapkan “prʌsɪk”) adalah halangan gesekan atau simpul yang digunakan untuk meletakkan tali kecil di sekitar loop tali, diterapkan dalam pendakian, canyoneering, mountaineering, caving, penyelamatan tali, dan oleh arborists. Dalam kegiatan di alam biasanya diartikan sebagai sebuah kegiatan menaiki atau memanjat sebuah tali (carmantel) dengan bantuan dua buah tali kecil (prusik) beserta peralatan yang mendukungnya,terserah anda mendeskripsikan prusiking intinya menaiki tali dengan prusik, hehe… Adapun seni dalam prusiking itu bermacam-macam. Dalam perlombaan ada beberapa jarak ketinggian yang di tentukan.

Repling

Repling adalah kebalikan dari prusiking, kalau prusik keatas sekarang kebawah dengan bantuan figur dari sebuah ketinggian. Dalam repling juga ada beberapa seni mulai dari yang biasa duduk sampai yang kepala di bawah atau yang seperti para pak tentara tentara.