Apa perbedaan Pixel dan Voxel art?


(Budi Wanan Salaka) #1

Game yang sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat memiliki grafis yang dibuat dari voxel atau pixel art.

Apa perbedaan antara Voxel dan Pixel?


(Achmad Lintang Wiranandha) #2

Perbedaan mendasar dari Pixel dan Voxel adalah platformnya.
Jika pixel digunakan pada kebanyakan platform 2 dimensi, Voxel digunakan pada 3 dimensi. Sejatinya, pixel dan voxel mengandalakan sel berbentuk persegi (kubus untuk voxel) yang dibentuk sedemikian rupa agar menjadi sebuah bentuk yang lain.
Kebanyakan pixel art dan voxel art dipakai untuk video game. Saya akan jelaskan secara mendetail:

Pixel
Sejatinya sebuah seni 2 dimensi adalah dimana gambar tersebut digambar pada ruang datar yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar (x dan y).

Setiap sel yang ada pada gambar disebut pixel. Meskipun gambar pixel tersebut merepresentasikan bentuk 3 dimensi, gambar tersebut digambar pada grid pixel 2 dimensi. Kita tidak bisa merotasi gambar tersebut untuk melihat objek pada titik pandang yang lain.

seperti gambar bulu sayap berikut, yang hanya berbentuk 2 dimensi, tanpa kita bisa melihat sisi lain sayap ini karena objeknya berbentuk 2D.

Contoh video game yang menggunakan pixel art untuk grafisnya adalah Stardew Valley

Voxel
Sebenarnya, Voxel adalah bentuk 3 dimensi dari pixel. Sebuah sel kubus diubah menjadi bentuk lainnya dalam platform 3 dimensi yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi (x, y, z).

Dengan platform 3 dimensi ini, kita bisa melihat dan merotasi sisi lain dari objek yang dibuat secara bebas, umpamakan saat seperti kita sedang memahat sebuah patung.

seperti gambar gereja berikut, dengan software 3D tertentu, kita bisa dengan bebas melihat sisi belakang, bawah, samping dan mana saja dari objek ini sehingga kebebasan untuk mengubah bentuk objek (modelling) hampir tidak terbatas.

Contoh game yang menggunakan Voxel sebagai gameplay/grafisnya adalah Minecraft.