© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa perbedaan monyet dan kera?


Sebutan kera mengacu pada salah satu jenis primata yang memiliki bentuk tubuh seperti manusia, seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu kecuali bagian mukanya, memiliki otak yang relatif lebih cerdas dibanding hewan lain.

Biasanya kera tidak memiliki ekor yang tampak karena ekornya pendek nyaris menyerupai tonjolan saja. Kera bisa berdiri tegak dan berjalan dengan kedua kakinya. Kedua tangannya lebih panjang dari kakinya. Dalam bahasa Inggris kera disebut ape.

Sedangkan monyet merupakan primata seperti kera tetapi memiliki tangan yang lebih pendek dari kakinya dan berjalan dengan empat kaki. Biasanya memiliki ekor panjang. Volume otak monyet relatif lebih kecil dibanding kera, begitu juga dengan tingkat kecerdasannya. Dalam bahasa Inggris monyet disebut monkey.

Klasifikasi ilmiah kera & monyet

Dalam ilmu taxonomi atau klasifikasi mahluk hidup, perbedaan kera dan monyet terletak pada tingkat super keluarga. Kedua hewan ini termasuk dalam orde primata, dimana kera diklasifikasikan sebagai super keluarga Hominoidea sedangkan monyet digolongkan sebagai super keluarga Cercopithecoidea. Jenis-jenis monyet yang termasuk dalam Cercopithecoidea sering disebut monyet dunia lama.

Tidak semua monyet digolongkan sebagai super keluarga Cercopithecoidea, beberapa spesies monyet yang ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan digolongkan sebagai parvorder Platyrrhini. Berbeda dari super keluarga Cercopithecoidea yang digolongkan sebagai parvorder Catarrhini. Salah satu contoh monyet dari parvorder Platyrrhini adalah Marmoset. Jenis-jenis monyet yang termasuk dalam Platyrrhini disebut monyet dunia baru.

Klasifikasi kera lebih banyak lagi, super keluarga Hominoidea terbagi lagi ke dalam keluarga Hylobatidae seperti Gibbon dan keluarga Hominidae yang didalamnya termasuk orang utan, gorila, simpanse dan juga manusia.

Biasanya kera tidak memiliki ekor yang tampak karena ekornya pendek nyaris menyerupai tonjolan saja. Kera bisa berdiri tegak dan berjalan dengan kedua kakinya. Kedua tangannya lebih panjang dari kakinya. Dalam bahasa Inggris kera disebut ape.

Sedangkan monyet merupakan primata seperti kera tetapi memiliki tangan yang lebih pendek dari kakinya dan berjalan dengan empat kaki. Biasanya memiliki ekor panjang. Volume otak monyet relatif lebih kecil dibanding kera, begitu juga dengan tingkat kecerdasannya. Dalam bahasa Inggris monyet disebut monkey.

Kera dan Monyet


Sebelum mengetahui perbedaan Kera dan Monyet, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud Kera dan apa yang dimaksud dengan Monyer, berikut ini pengertiannya :

1. Pengertian Kera

Kera ( apes ) merupakan sub-keluarga Hominoidea yang juga dikenal sebagai kera besar, membentuk sebuah taksonomi dari primata. Kera adalah suku paling sempurna dari kelas binatang menyusui, bentuk tubuhnya mirip dengan manusia berbulu pada seluruh tubuhnya, memliki otak relatif besar dan lebih cerdas daripada hewan lain. Kera dibagi menjadi 4 jenis diantaranya :

  • Simpanse,
  • Gorilla,
  • Orang Utan
  • Gibbon (kera kecil).

Kera dikelompokan hanya saja pembagian kelompoknya berdasarkan ukuran besar kecil tubuhnya. seperti Gorila, simpanse dan orangutan disebut “kera besar” karena ukuran tubuh mereka yang besar, sedangkan Gibbon seringkali disebut sebagai “kera kecil” seperti Owa Jawa, Surili, Kukang Jawa dan Lutung Budeng. Ciri – ciri kera adalah memiliki lengan yang panjang untuk berayun dari ranting keranting lainnya. Ciri lainnya yaitu kera tidak berekor dan memiliki otak yang lebih besar.

2. Pengertian Monyet

Monyet adalah kera yang berbulu berwarna keabu abuan dan berekor panjang, kulit mukanya tidak berbulu, begitu juga telapak tangan dan kakinya. Adapun pengertian dari monyet adalah istilah dari anggota primata yang bukan prosomian ( kelompok primata sebelum kera ). Subkelompok monyet berisi lebih dari 200 spesies monyet yang berbeda, termasuk di antaranya :

  • Baboon,
  • Tamarin,
  • Macaques,
  • Capuchins.

Monyet juga dibagi berdasarkan kelompok geografis dimana Monyet Dunia Lama hidup di Afrika dan Asia dan Monyet Dunia Baru hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Monyet Hidup di hutan tropis, umumnya monyet hidup di pepohonan yang tidak terlalu tinggi. Monyet terdiri dari berbagai macam bentuk dan ukuran. Ada monyet Pigmi Marmoset yang panjang tubuhnya hanya 15 cm, ada pula monyet Madril yang panjang tubuhnya 81 cm, tidak termasuk ekor. Ciri-ciri monyet adalah memiliki ekor, otak monyet relatif kecil, dalam berayun monyet menggunakan ekornya layaknya tangan kelima.

3. Perbedaan Kera dan Monyet

Walaupun sama-sama kedalam keluarga primata kera dan monyet memiliki perbedaan, monyet dan kera terpisah baik secara fisik maupun secara evolusi dengan faktor-faktor yang jelas antara keduanya. Meskipun kera dan monyet memiliki tampilan secara fisik yang sama tetapi tetap keduanya berbeda. Perbedaan monyet dan kera bisa dilihat secara fisik yaitu spesies kera hampir semua tidak memiliki ekor seperti monyet. Monyet lebih banyak hidup di pepohonan dan menggunakan ekor layaknya tangan kelima. Selain itu monyet tidak memiliki keahlian berayun dengan tangannya di dahan-dahan pohon. Adanya ekor membuat para monyet lebih cocok tinggal di puncak pepohonan tidak seperti kera yang menggunakan tangannya untuk berayun di dahan pohon, kecuali Gibbon (kera kecil).

Perbedaan terbesar di antara monyet dan kera diyakini terletak pada tingkat kecerdasan mereka. Monyet lebih mirip dengan promisian primitif dalam hal kapasitas dan kemampuan otak. Kera lebih mendekati kerabatnya yaitu manusia, mereka mampu mempelajari bentuk-bentuk bahasa isyarat, menggunakan peralatan, dan memperlihatkan adanya kemampuan memecahkan masalah. Diyakini bahwa kera, khususnya Simpanse, Gorila, dan Orang Utan, lebih banyak kemiripannya dengan manusia dibandingkan dengan monyet.