Apa Perbedaan Merica, Lada Dan Ketumbar?

Indonesia terkenal dengan sebutan land of spices saking banyaknya citarasa dari bumbu-bumbu tersebut. Saking banyaknya, banyak jenis bumbu dapur yang sering tertukar.

Lada hitam dibuat dari biji lada muda (hijau) yang dijemur hingga kering, sedangkan lada putih adalah biji lada matang yang direndam dan dikeringkan. Tekstur keduanya pun berbeda. Lada hitam punya kerutan kulit di permukaannya, sedangkan lada putih lebih mulus dan mengerucut di satu sisi.

Ketumbar mirip dengan lada putih. Tapi dari segi tekstur, ketumbar sedikit lebih kasar dengan garis-garis di permukaannya. Warna ketumbar pun lebih coklat dari lada putih.

Lada punya rasa yang lebih kuat dari ketumbar. Sensasi pahit, pedas, sekaligus hangat ada pada dua jenis lada tersebut. Namun, lada hitam terasa jauh lebih pedas dan menyengat. Sedangkan ketumbar punya rasa yang lebih halus dari lada. Rasa ketumbar cenderung agak pahit hambar yang mirip biji jeruk limau.

sumber:

Kalau menurut saya, mereka semua sama. Mereka punya aroma sama, rasa yang sama, beraroma sedap kuat, pedas karena mengandung capcaisin.

Mohon maaf untuk mbak @SalsabillaSyafta mungkin bisa lihat di beberapa link yang akan saya berikan bahwa ketiga jenis bahan masakan tersebut berbeda…

Link :