Apa perbedaan menggambar dan melukis?

Menggambar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kegiatan meniru barang, orang, binatang, dan sebagainya yang dibuat dengan coretan pensil atau alat lainnya pada sebuah kertas. Output dari kegiatan menggambar ini bukan hanya perihal menirukan sebuah obyek, namun juga lebih pada menyampaikan pesan tentang apa yang dirasakan oleh si pembuat gambar.

Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu.

Melukis dan menggambar memiliki perbedaan.

1 Like

PERBEDAAN MENGGAMBAR DAN MELUKIS

Sepintas, menggambar dan melukis merupakan sebuah kegiatan yang sama. Namun, tahukah anda jika dua jenis kegiatan tersebut punya perbedaan mendasar? Dari media yang digunakan, menggambar cenderung memakai alat dan bahan yang bersifat kering seperti pensil warna, pena, maupun krayon. Sedangkan melukis cenderung menggunakan media yang sifatnya cair seperti cat air, minyak, akrilik, dan juga kuas. Sedangkan dalam tahapan dan metode atau teknik yang digunakan, baik menggambar maupun melukis kurang lebih mempunyai tahapan dan teknik yang sama.