Apa perbedaan kartu ATM dan kartu debit?

ATM Card

Perbedaan yang paling mencolok antara kartu ATM dan kartu debit yang dari cara penggunaannya. Jika kartu tersebut digunakan untuk transaksi pada mesin ATM maka kartu tersebut adalah kartu ATM sedangkan jika digunakan untuk transaksi atau pembelanjaan non tunai dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture), maka kartu itu disebut kartu Debit. Apa perbedaan kartu ATM dan kartu debit ?

Kartu ATM adalah alat pembayaran menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai dan/atau pemindahan dana dimana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada Bank atau Lembaga Selain bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Kartu Debit adalah pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan, dimana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada bank atau Lembaga Selain Bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Keuntungan dari penggunaan kartu ATM juga meliputi fungsinya untuk dapat digunakan pada saat berbelanja dan terdapat kemudahan – kemudahan lainnya, secara luas fungsi dari kartu ATM (yang juga berperan sebagai kartu Debit) dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Kartu Debet Belanja – berfungsi sebagai “ Cash Carrier ”/Kartu Debet.
  2. Alat pengambil uang di mesin ATM dengan menggunakan PIN (“Personal Identification Number”)
  3. Sarana pembayaran nasabah terhadap kewajibannya berupa pembayaran tagihan (listrik, telfon, sekolah dan lain – lain)
  4. Alat untuk melakukan transfer uang kepada pihak lain dengan menggunakan mesin ATM
  5. Fungsi lain yang diselenggarakan oleh masing-masing pihak Bank.