Apa perbedaan Karedok, Ketoprak, Gado-gado, Lotek, dan Pecel?

Makanan khas Indonesia seperti karedok, ketoprak, gado-gado, lotek, dan pecel memiliki rasa yang mirip. apakah perbedaan dalam bumbunya?

  1. Karedok
    Makanan khas Sunda ini menggunakan sayuran mentah seperti mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sayuran tadi dipotong-potong, mirip salad. Bedanya, karedok disiram dengan bumbu kacang. Lebih enak lagi kalau ditambahkan kerupuk di atasnya.

  2. Ketoprak
    Ketoprak merupakan makanan khas Betawi. Bahan utama yang digunakan adalah bihun, ketupat, tahu, dan taoge. Setelah semua bahan utama tadi disatukan di dalam satu wadah, di atasnya bisa disiram dengan saus kacang, bawang goreng, dan kerupuk. Saus kacangnya biasanya sudah diulek dengan bawang putih dan bumbu lainnya.

  3. Gado-gado
    Mirip dengan karedok, perbedaannya adalah gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus. Makanan khas yang berasal dari jawa ini menggunakan sayur kacang panjang, mentimun, wortel, selada, dan kentang. Lalu sama seperti yang lain, di akhir penyajiannya ditambahkan saus kacang. Bumbu yang dicampurkan di saus kacang gado-gado, agak berbeda dengan ketoprak.
    Sebagai “toppingnya” biasa ditambahkan telur rebus dan kerupuk merah.

  4. Lotek
    Persamaan lotek dan gado-gado adalah sama-sama berasal dari Jawa, menggunakan sayur yang telah direbus, dan disiram dengan saus kacang. Perbedaannya adalah pada bahan sayur yang digunakan. Lotek menggunakan kol, bayam, dan taoge. Rasa kencur yang kuat pada saus kacangnya, membuat lotek juga berbeda dari gado-gado. Lotek bisa dimakan bersama ketupat atau nasi dan juga kerupuk yang renyah.

  5. Pecel
    Pecel berasal dari Madiun, jawa Timur. Mirip dengan gado-gado dan lotek, bedanya ada di saus kacang yang digunakan. Pada pecel, saus kacangnya dihaluskan bersama daun jeruk, sehingga aroma daun jeruknya lebih terasa. Selain itu, biasanya pecel dimakan bersama rempeyek kacang yang nikmat

sumber: