Apa perbedaan Gelombang Radio AM dengan Gelombang Radio FM?

Gelombang Radio

Apa perbedaan Gelombang Radio Am dengan Gelombang Radio Fm?

Gelombang atau Signal AM

AM adalah metode pertama kali yang digunakan untuk menyiarkan radio komersil. Ini merupakan salah satu bentuk modulasi dimana sinyal informasi yang digabungkan dengan sinyal pembawa berdasarkan perubahan amplitudonya. Bentuk modulasi dimana amplitudo sinyal pembawa di variasikan secara proposional berdasarkan sinyal pemodulasi (sinyal informasi). Frekuensi sinyal pembawa tetap konstan. Besarnya amplitudo sinyal informasi mempengaruhi besarnya amplitudo dari carrier, tanpa mempengaruhi besarnya frekuensi sinyal pembawa. Parameter sinyal yang mengalami perubahan adalah amplitudonya, Amplitudo sinyal pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan amplitudo sinyal informasi. Rentang frekuensi AM adalah 500 Hz – 1600 KHz dan panjang gelombang atau amplitudo AM adalah 1600 KHz – 30000 KHz. Jika direntangkan dengan satuan meter, jangkauan sinyal AM bisa mencapai puluhan ribu kilometer.

Berikut ini adalah karakteristik dari gelombang AM :

  • Mudah terganggu oleh gangguan atmosfer.
  • Kualitas suara terbatasi oleh bandwidth yang sempit.
  • Gelombang AM mengalir dekat dengan tanah pada siang hari dan semakin tinggi ke angkasa pada saat malam hari, yang artinya Anda akan sulit saat melakukan siaran pada saat siang hari jika menggunakan gelombang ini.
  • AM juga mudah terhalang oleh bangunan tinggi.

Gelombang atau Signal FM

FM merupakan sebuah bentuk modulasi dimana frekuensi sinyal pembawa divariasikan secara proposional berdasarkan amplitudo signal informasi. Amplitudo sinyal pembawa tetap konstan.

Berikut karakteristik dari gelombang FM :

  • Rentang frekuensi adalah 88 MHz sampai 108 MHz, sehingga gelombang ini dikategorikan sebagai Very High Fequency (VHF).
  • Panjang gelombangnya adalah dibawah 1000 KHz, sehingga jangkauan sinyalnya tidak jauh.
  • Modulasi frekuensi memiliki bandwidth yang lebih lebar daripada modulasi amplitudo, sehingga bisa menghasilkan suara stereo dengan menyatukan beberapa saluran audio pada satu gelombang cerrier.
  • FM lebih tahan terhadap gangguan, sehingga dipilih untuk sebagai modulasi standar untuk frekuensi tinggi.
  • Potensi gangguan jauh lebih kecil (kualitas lebih baik) dan daya yang dibutuhkan lebih kecil.