Apa perbedaan filsafat Islam dengan filsafat barat?

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa filsafat lahir dari Yunani, namun ada juga yang mengatakan bahwa filsafat dimulai dari Islam. Dan ada lagi yang berpendapat bahwa asal mula filsafat adalah gabungan dari keduanya.

Filsafat barat adalah hasil pemikiran radikal oleh para filosof barat sejak abad pertengahan sampai abad modern. Sedangkan filsafat islam adalah berpikir bebas, radikal dan berada pada taraf makna yang mempunyai sifat dan karakter yang menyelamatkan dan kedamaian hati.

Perjalanan filsafat barat dimulai dari masa Yunani kuno, yang terfokus pada pemikiran asal kejadian alam secara rasional. Segala sesuatu harus berdasarkan logika. Kemudian masa abad pertengahan filsafat berubah arah menjadi bersifat teosentrik, segala kebenaran ukurannya adalah ketaatan pada gereja. Maka mereka banyak yang berasal dari kalangan pendeta (agamawan). Dan pada perjalanan berikutnya para pedeta dogmatis tersebut ditinggal oleh para ilmuwan yang kemudian beralih pada pemikiran yang bercorak bebas, radikal, dan rasional yang realis.

Filsafat islam segala bentuk pemikiran ilmuwan muslim yang mendalam secara teoritis maupun empiris, bersifat universal yang berlandaskan wahyu. Filsafat islam merupakan pengembangan filsafat plato dan Aristoteles yang telah dilandasi dengan ajaran islam dan memadukan antara filsafat dan agama, filsafat yang berciri religius dan berusaha sekuat tenaga memasukkan teks agama dengan akal.

Adapun tujuan filsafat barat dan filsafat islam sebenarnya mempunyai kesamaan, akan tetapi, karena terjadinya perbedaan agama maka pada filsafat islam ada batasan-batasan, yaitu menyelidiki segala sesuatu yang ada secara mendalam dengan menggunakan akal sampai pada hakikatnya, jadi dalam filsafat objeknya tidak membatasi diri.