Apa perbedaan data dan database?

Meskipun data dan database berhubungan, mereka memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan dari kedua istilah tersebut?


Data adalah representasi dari fakta, konsep, atau instruksi dalam bentuk formal yang dapat digunakan untuk komunikasi, interpretasi, pemrosesan oleh manusia, dan pemrosesan oleh komputer.

Sedangkan database adalah kumpulan informasi terorganisir yang disusun untuk memudahkan pengambilan data.

Jadi, data adalah hal yang disimpan dalam database dan database berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data yang telah disimpan. Data memiliki bentuk seperti nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu kejadian. Sedangkan database menyimpan dan mengorganisir baik data mentah maupun data yang sudah diubah menjadi informasi. Database juga dapat mengambil data dan informasi yang disimpan dengan cepat dan efisien saat diperlukan.

Sumber:
-http://www.usg.edu/galileo/skills/unit04/primer04_01.phtml
-https://blog-definisi.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-dan-fungsi-data-menurut-para.html

Data adalah kumpulan fakta yang diperoleh dari pengukuran maupun pengamatan, data biasanya berupa angka, simbol-simbol, dan kata-kata. Data merupakan bentuk jamak dari datum yang berasal dari bahasa latin yaitu “sesuatu yang diberikan”. Data kemudian diolah sehingga dapat dimengerti oleh pembaca. Sejak pertengahan 1900-an, orang telah menggunakan kata data yang berarti informasi komputer yang ditransmisikan atau disimpan.

Database, juga disebut database elektronik, kumpulan data, atau informasi, yang khusus disusun untuk pencarian dan pencarian cepat oleh komputer. Database disusun untuk memudahkan penyimpanan, pengambilan, modifikasi, dan penghapusan data bersamaan dengan berbagai operasi pengolahan data. Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). Sebagian besar database berisi banyak tabel, yang masing-masing dapat mencakup beberapa bidang yang berbeda. Misalnya, database perusahaan mungkin mencakup tabel untuk produk, karyawan, dan catatan keuangan. Masing-masing tabel ini memiliki bidang yang berbeda yang relevan dengan informasi yang tersimpan dalam tabel.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, sekumpulan dari data merupakan bentuk dari database. data yang merupakan kumpulan dari beberapa file yang ada dalam komputer yang bukan merupakan kode akan tetapi digunakan dalam komputasi komputer. Database merupakan kumpulan dari beberapa data yang terkumpul menjadi satu dalam sebuah ruang, directory, ataupun sebuah daftar.

Sumber :

th

Semua kumpulan fakta, seperti angka, kata, pengukuran, pengamatan atau bahkan deskripsi saja dari sesuatu atau benda disebut dengan data. Data adalah bagian dari informasi. Pada semua software atau perangkat lunak secara umum terdari dari dua bagian yaitu program dan data,Program adalah kumpulan instruksi untuk memanipulasi data.

Sedangkan database adalah wadah untuk data. Karena menyimpan buku perpustakaan umum, kita juga bisa mengatakan bahwa perpustakaan adalah database buku. Dalam definisi yang ketat, database adalah struktur komputer, yang menyimpan, mengatur, melindungi, dan memberikan data. Sebuah sistem yang berisi database disebut Sistem Manajemen Database (DBMS).

Jadi dapat disimpulkan bahwa database adalah perpustakaan data atau tempat menyimpan data. Di database lah data disimpan dan dilindungi pada computer.

Sumber :
http://www.mathsisfun.com/data/data.html
http://www.sridianti.com/pengertian-database-jenis-contoh.html