Apa Perbedaan Cream Blush dan Powder Blush?

blush

Terdapat dua jenis blush on, yaitu cream blush dan powder blush. Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis blush on tersebut?

Powder Blush

Nah, jenis yang ini yang lebih banyak pilihannya. Perhatikan saja. Hampir semua brand kosmetik punya jenis blush ini, namun tidak memiliki pilihan cream blush. Ada banyak keuntungan jika Anda memakai blush jenis ini. Riasan akan terlihat lebih matte. Karena berupa powder, formulanya akan menyerap minyak di wajah sehingga jenis blush ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi dan berminyak. Jenis blush ini juga cenderung tahan lama.

Untuk pengaplikasiannya, pastikan Anda menggunakan kuas makeup khusus blush yang memiliki karakter helaian bulu yang empuk dan dengan diameter yang besar. Jika helaian kuasnya terlalu pendek, ada kemungkinan blush Anda bisa terlalu tebal ketika disapukan pada pipi. Keuntungan lainnya, blush jenis ini bisa disapukan setahap demi setahap. Dengan kata lain, kepekatan warnanya bisa Anda kontrol.

Cream Blush

Kalau jenis blush ini lebih cocok digunakan pada kulit kering. Kalau digunakan pada jenis kulit yang pas, blush ini akan memberikan efek wajah yang terlihat glowy dan bersemu. Karena teksturnya ini, cream blush biasanya lebih cepat memudar, apalagi jika kulit Anda berminyak.

Keuntungan menggunakan blush jenis ini adalah Anda bisa membaurkannya hanya dengan jari. Praktis kan? Namun, jika ingin menggunakan kuas, pastikan kuas yang digunakan adalah stippling brush. Sapukan kuas ke pipi tanpa tekanan, alias melayang saja. Warna blush jenis ini akan terlihat lebih muda namun hasilnya cepat sekali menyerap pada kulit.

Referensi

https://journal.sociolla.com/beauty/blush-untuk-pemula/