Apa Perbedaan Antara Product Strategy, Product Plan, dan Product Roadmap?

Dalam manajemen produk terdapat istilah product strategy, product plan, dan juga product roadmap?
Product-Review-Writing-Services

word-cloud-product-management-drawing_csp17515091

Product strategy adalah alasan mengapa kita membuat produk tersebut. Dalam product strategy harus berisi analisa dari situasi kita saat ini, hasil yang kita inginkan, dan langkah yang akan diambil dalam mencapai hasil tersebut. Strategy tidak hanya mengatur tujuan kita, tetapi juga hasil dari product tersebut.

Product plan merupakan dimana masing-masing memiliki penggunaan yang berbeda dan dalam organisasi besar setiap tim akan melakukan hal-hal secara berbeda, dan membutuhkan serangkaian rencana dan taktik yang berbeda. Dalam beberapa kasus, Rencana Produk dapat menjadi Strategi Produk. Rencana akan melibatkan berbagai bentuk dan ukuran, tetapi itu akan memungkinkan Anda untuk menutupi semua basis Anda.

Sementara itu, product roadmap adalah ringkasan visual tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah penawaran produk yang kita miliki dari waktu ke waktu. roadmap produk mengomunikasikan mengapa dan apa di balik apa yang sedang kita buat. Ini adalah dokumen strategis pemandu serta rencana untuk melaksanakan strategi.

Apapun yang kita gunakan baik itu ketiganya ataupun hanya salah satu dari ketiga tersebut, kesemuanya memiliki agenda dan tujuannya masing-masing dalam siklus produk. Tetapi tentu saja kesemua hal tersebut berkaitan dengan produk, bisnis, dan cara kita dalam menentukan keputusan.

referensi: https://www.wearefutureheads.com/news-and-views/the-difference-between-your-product-strategy-roadmap-and-plan