Apa perbedaan antara Product Roadmap, Strategi Produk, dan Visi Produk?

Ketika anda “memiliki” produk, visi produk itu harus mendorong segalanya di organisasi anda, bukan hanya pengembangan produk,namun semuanya harus bekerja menuju visi bersama untuk membangun sebuah strategi.

Apa perbedaan antara Product Roadmap, Strategi Produk, dan Visi Produk ?

VISI

Visi merupakan pernyataan perusahaan yang harus menjadi sesuatu yang dapat dibanggakan untuk berbagi dengan publik.

“Saya menemukan bahwa visi yang berfokus pada penciptaan manfaat bagi orang lain memberikan motivasi yang sangat mendalam dan inspirasi yang abadi. Ini membimbing saya ketika saya merasa ragu-ragu lebih dari sekedar visi yang terpusat pada uang atau ego ” Roman Pichler"

Anda harus bangga dengan pernyataan visi Anda dan bahagia serta tidak malu untuk membagikannya dengan pelanggan.

STRATEGI PRODUK

Strategi produk harus sedikit lebih spesifik daripada visi, tetapi tidak begitu spesifik sehingga Anda mempelajari detail penerapannya.

Strategi produk Anda harus mencakup hal-hal mendasar:

Siapa yang kami coba layani?
Masalah apa yang ingin kita atasi?
Bagaimana kami berencana mengatasi masalah?
Bagaimana kami akan memonetisasi produk kami?

Anda sekarang telah menetapkan target pasar, membuat proposisi nilai, dan meletakkan dasar untuk rencana bisnis. Anda tentu bisa sedikit lebih spesifik, tetapi mencoba memahami detail pada level ini dapat menciptakan asumsi yang mengarahkan roadmap produk anda dan peluncuran produk ke jalur yang ditentukan secara sempit yang dapat membatasi opsi anda dan kehilangan peluang di masa depan.

ROADMAP PRODUK

Adalah langkah-langkah tingkat tinggi yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan strategi produk, yang pada gilirannya memenuhi visi perusahaan. Tim produk kemudian perlu mencari tahu strategi yang akan bekerja menuju tujuan tersebut, dan masing-masing manajer produk akan menentukan peta jalan produk mereka untuk membangun produk yang mendukung strategi tersebut.

Referensi:
[1]. Differences Between Your Product Roadmap, Strategy, and Vision