Apa perbedaan antara product roadmap dan project roadmap?

image

Dalam pengertiannya, proyek merupakan serangkaian tugas yang diimplementasikan selama jangka waktu tertentu dan setelah hasil tercapai maka proyek selesai. Sedangkan, produk merupakan barang atau jasa yang disediakan untuk sekelompok pengguna.

Perbedaan terbesar antara product roadmap dan project roadmap adalah tujuan keseluruhan dari setiap roadmap dan bagaimana hal itu berkaitan dengan tujuan organisasi.

Product roadmap digunakan untuk mengkomunikasikan jalur strategis produk untuk mencapai sasaran bisnis. Product roadmap dapat digunakan oleh tim produk di berbagai organisasi. Project roadmap lebih bersifat taktis dan digunakan terutama untuk mengkomunikasikan tugas-tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek.

Perbedaan yang lainnya ada dalam komponennya. Product roadmap sering kali menyertakan jenis komponen berikut; Product goals, Strategic initiatives, Key releases and features that deliver on the goals, Master features, Major users stories or features, and Overall timeline. Project roadmap sering kali menyertakan jenis komponen ini; Project goals and objectives, Important milestones and tasks, Resource allocation, Project timeline, Potential risks.

Referensi:
https://blog.aha.io/the-product-roadmap-vs-the-project-roadmap/