Apa perbedaan antara marketing manager dengan account executive?

Banyak perusahaan dalam memperkenalkan produk nya, menggunakan seorang marketing manager atau account executive. Tetapi saya bingung apa perbedaan marketing manager dengan account executive, karena dari istilahnya terkesan bahwa mereka sama-sama menawarkan produk.

Apa perbedaan antara manajer pemasaran dengan account executive?

Menurut saya, account executive dengan marketing manager berbeda.

Marketing manager lebih fokus dalam menganalisis informasi kualitataif dan kuantitatif untuk memutuskan cara yang terbaik dalam mempromosikan produk maupun mendapatkan pelanggan. Selain itu ia bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan berbagai operasi pemasaran. Sementara Account executive fokus pada membangun bisnis dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan dan logistik dalam melaksanakan rencana pemasaran. Biasanya mereka memiliki keahlian khusus untuk mempertahankan pelanggan. Misalnya, kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang luar biasa dan analisis yang tajam dapat dipergunakan untuk mempertahankan pelanggan.

Account executive dan marketing manager memang ada beberapa tumpang tindah, tetapi perbedaannya account executive pada fokus penelitian yang berbasis data, dapat diartikan sebagai kesuksesan dalam memasarkan memerlukan penggalian atau lingkup yang luas.

Sumber

https://www.bayt.com/en/specialties/q/272520/what-is-the-difference-between-a-marketing-manager-and-a-marketing-executive/