Apa perbedaan antara kabel utp dan kabel stp?

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

utp-and-stp (1)

  1. Kabel UTP
  • Harganya terjangkau
  • kabel yang terpilin/terbelit tanpa pelindung
  • Hanya mempunyai satu kulit penyelubung sehingga dapat memudahkan dalam memotongnya
  • Sangat cocok digunakan membangun sebuah jaringan komputer yang bersifat indoor atau di dalam ruangan
  1. Kabel STP
  • Harganya jauh lebih mahal dari kabel UTP
  • Kabel yang terpilin/terbelit dengan pelindung
  • Untuk kulit penyelubung hampir sama dengan kabel UTP hanya saja kabel STP memiliki selubung lain yang menyelubungi ke 4 lilitan kabel di dalamnya
  • Digunakan membangun sebuah jaringan komputer yang bersifaat outdoor atau di luar ruangan
  • Lebih tahan terhadap cuaca

http://tech.dbagus.com/perbedaan-kabel-utp-dan-kabel-stp

Kabel Jaringan UTP

Kabel UTP singkatan dari Unshielded twisted-pair, merupakan kabel penghantar yang terbuat dari bahan tembaga kemudiab di isolasi atau dibungkus dengan menggunakan bahan dari plastik guna melindungi terjadinya kerusakan fisik pada penghantar.

Kabel UTP - Unshielded Twisted Pari
Perhatikan bentuk gambar disamping ini, (untuk memperjelas gambar silahkan klik), dari gambar disamping terlihat jelas terdapat beberapa inti kabel penghantar yang di bungkus berdasarkan warna yang berbeda-beda, kemudian dipilin.

Kabel UTP sudah banyak dipergunakan sebagai kabel jaringan lokal (LAN - Local Area Network), karena harganya yang relatif murah dan sudah sesuai standar

Kabel Jaringan STP

Kabel jaringan stp banyak dipergunakan untuk jaringan data, jaringan token ring IBM, pembungkusnya dapat memberikan proteksi terhadap interfrensi.

Kabel STP - Shielded twisted pair
Lihat dan perhatikan juga gambar bentuk kabel STP disamping ini, jika diperhatikan dengan kabel utp ada perbedaan pada kabel jenis STP, terdapat semacam pembungkus lagi menyerupai alumunium foil, sebelum pembungkus (kulit) luar.

Bentuk lain kabel STP ada juga yang pembungkusnya pada masing-masing lilitan kabel, bentuk lain yang dimaksud biar sobat pembaca tidak bingung lihat gambar kabel stp dibawah ini.

Berdasarkan pengalaman saat membuat jaringan lokal,perbedaannya bukan hanya di bagian isolasinya saja, tetapi ukuran dan besar tembaga pada kabel stp sedikit lebih besar dan agak kaku jika dibandingkan dengan kabel utp, dari harga kabel stp lebih mahal dari kabel utp.

Untuk warna tidak ada perbedaan antara utp dan stp, sama-sama menggunakan warna dasar yang sama “Orange, Biru, Hijau dan Coklat”, penerapan dilapangan untuk kondisi tempat (diluar ruangan,lembab,diantara kabel-kabel listrik lainnya, lebih baik menggunakan kabel stp.

Kesimpulan Kabel STP dan Kabel UTP

Jika diperhatikan perbedaan berdasarkan gambar diatas bisa diambil kesimpulan, kalau kabel stp jauh lebih baik dari kabel utp, dikarenakan sebelum inti kabel terdapat plastik tipis dan alumunium foil, yang berfungsi untuk menjaga fisik inti kabel dari gangguan luar, seperti noise, cuaca dan lain sebagainya.

UTP

Unshielded twisted-pair (UTP) adalah media yang paling banyak digunakan saat ini. Rentang frekuensinya cocok untuk mentransmisikan data dan suara. Oleh karena itu, kabel ini biasa dipakai untuk jaringan telepon.

Sebuah kabel twisted pair terdiri dari dua konduktor terisolasi (biasanya tembaga) dalam konfigurasi yang bengkok. Warna digunakan dalam isolasi plastik untuk mengidentifikasi. Selain itu, warna juga mengidentifikasi konduktor spesifik di kabel dan untuk menunjukkan kabel mana yang berpasangan dan bagaimana kaitannya dengan pasangan lain dalam bungkusan yang lebih besar.

Dua kabel dipelintir dalam kabel twisted pair yang secara signifikan mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh sumber eksternal. Kebisingan yang kita bicarakan ini dihasilkan bila dua kabel sejajar yang menyebabkan kenaikan level tegangan pada kabel yang terdekat dengan sumber dan juga beban yang tidak merata dan sinyal yang rusak.

image

STP

Kabel Shielded twisted-pair (STP) memiliki penutup jepitan jalinan tambahan atau foil logam yang membungkus setiap pasang konduktor yang terisolasi. Casing logam mencegah penetrasi suara elektromagnetik. Ini juga bisa menghilangkan fenomena yang disebut crosstalk, yang merupakan efek yang tidak diinginkan dari satu sirkuit (atau saluran) pada sirkuit lain (atau saluran).

Hal ini terjadi bila satu baris (berfungsi sebagai antena penerima) mengambil beberapa sinyal yang melaju ke jalur lain (bertindak sebagai semacam antena pengirim). Efek ini bisa dialami saat percakapan telepon saat seseorang bisa mendengar percakapan lain di latar belakang. Perisai setiap pasang kabel twisted-pair bisa menghilangkan sebagian besar crosstalk.

image

Kabel UTP tidak perlu grounding pada saat pemasangan, lain halnya dengan STP yang perlu grounding.

Berikut tabel perbedaan kabel UTP dan STP

image

source : http://techdifferences.com