Apa perbedaan antara iPhone dengan laptop yang sebanding dengan harga iPhone?


(Panji Wicaksono) #1

Beberapa belakangan ini ramai diperbincangkan dengan dirilisnya iPhone 7 .Menurut kompas.com berikut harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

iPhone 7

  • Versi2 GB dengan hga 649 dollar AS (sekitar Rp 8,5 juta)
  • Versi 128 GB dengan harga 749 dollar AS (sekitar Rp 9,8 juta)
  • Versi 256 GB dengan harga 849 dollar AS (sekitar Rp 11,1 juta)

iPhone 7 Plus

  • Versi 32 GB dengan harga 769 dollar AS (sekitar Rp 10 juta)
  • Versi 128 GB dengan harga 869 dollar AS (sekitar Rp 11,3 juta)
  • Versi 256 GB dengan harga 969 dollar AS (sekitar Rp 12,7 juta)

Dapat diketahui dengan harga tersebut kita dapat mendapatkan laptop yang spesifikasinya sudah lumayan bagus. Menurut anda mengapa iPhone dengan harga yang sangat fantastis tetap saja mendapatkan perhatian oleh penggunanya sedangkan dengan harga tersebut kita dapat membeli laptop dengan spesifikasi yang lumayan bagus ?


(Septi sulistio ardoko) #2

Oke saya jelaskan mengapa harganya bisa semahal itu, karna saya merupakan gamer saya berikan contoh dari pandangan saya, misal :

PS4 Neo :
Rp 5.999.000

PC spek mumpuni :
Rp 6.000.000

Walaupun sudah tau PC itu lebih baik dari konsol namun penjualan konsol tetap tinggi, ini dikarenakan fungsi dan fitur yang berbeda dari PC.

Dalam kasus iphone mereka mengincar fitur" yang hanya ada di iphone atau mungkin menjadi simbolik bahwa dia merupakan kalangan atas.


(I Made Andwi Raditya Prabhawa) #3

Menurut pandangan saya,
Diera seperti saat ini, masih banyak anak remaja jaman sekarang yang masih mengandalkan gengsi. Banyak fakta yg mengatakan bahwa mereka membeli Iphone hanya karena gengsi. Ada juga yg beranggapan iPhone tsb sudah menggantikan peran laptop. Di iPhone kita bisa membuka file pdf atau sebagainya sama seperti peran laptop, ukuran iPhone yg lebih kecil dari laptop dan lebih fleksibel dalam hal ukuran. Tetapi kelemahan iPhone yaitu storage yg tidak sebesar laptop dan tidak bisa menambah storage tsb.


(Hafizh Yuwan Fauzan) #4

Menurut pendapat saya, hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Hal yang paling mendasar adalah dalam sektor mobilitas, jika anda membandingkan sebuah laptop dengan smartphone, maka laptop akan kalah jauh dalam segi mobilitas. Berikut adalah beberapa alasan lainnya:

  1. Banyak pengguna iphone merupakan seseorang yang memiliki penghasilan lebih, dan mereka membutuhkannya untuk keperluan bisnis, sosial media, mengecek email,menggunakan gps, menggunakan kamera, sebagai portabel musik player, maupun sekedar show off. Walaupun hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan laptop, tetapi hal tersebut akan merepotkan karena laptop tidak dapat dibawa kemana mana dengan mudah.

  2. Perbedaan fungsi antara laptop dan smartphone juga berpengaruh. Laptop pada dasarnya adalah suatu barang yang berfungsi untuk melakukan pekerjaan2 berat yang tidak dapat dilakukan oleh smartphone, begitu juga sebaliknya. Jadi menurut saya membandingkan laptop dan smartphone kurang relevan.

  3. Hal lainnya adalah iphone dapat melakukan atau menerima panggilan, sedangkan laptop agak susah karena tidak dapat dimasukkan ke dalam saku ataupun tas kecil. Dan iphone mempunyai konektifitas yang lebih baik daripada laptop.

  4. Dalam kebutuhan bermain game, iphone dapat melaksanakannya dengan mudah walaupun tidak sebanding dengan laptop. Iphone dapat dimainkan dimana saja, baik itu di kendaraan, sekolah, rumah makan ataupun tempat umum lainnya. Dan game iphone rata rata hanyalah game game kasual tidak seperti laptop yang rata rata memiliki game game yang berat.

Dan sekian pendapat saya mengenai topik tersebut, iphone dan laptop memiliki fungsi masing-masing yang agak susah untuk digantikan.