Apa perbedaan antara Ikan Bawal Laut dan Ikan Bawal Air Tawar ?

Ikan Bawal

Ikan Bawal (Collossoma macropomum) adalah jenis ikan yang bersal dari sungai Amazon Brazil. Bawal ini sangat mirip bentuknya dengan jenis ikan piranha. Apa perbedaan antara Ikan Bawal Laut dan Ikan Bawal Air Tawar ?

Bawal mempunyai 5 buah sirip (pinnae), yaitu sirip punggung, sirip perut , sirip dada, sirip anus, dan sirip ekor. Sirip punggung yang berbentuk tinggi dan kecil dengan sebuah jari-jari yang agak keras, tetapi tidak tajam, sedangkan jari-jari lainnya lemah.

Berbeda dengan sirip punggung jenis bawal laut yang agak panjang, letak sirip ini pada bawal air tawar agak sedikit ke belakang. Sirip dada, sirip perut, dan sirip anus kecil juga jari-jarinya lemah. Demikian pula dengan sirip ekor dan jari-jarinya lemah, tetapi berbentuk cagak.

Hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa bawal tergolong ke dalam jenis omnivora pada masa kecilnya (larva), akan tetapi setelah besar, bawal akan lebih bersifat karnivora. Jenis hewan yang paling disukai yaitu crustacea, copepoda, cladocera, dan ostracoda.