Apa perbedaan antara Cumi-Cumi, Sotong, dan Gurita ?

Cumi-cumi

Cumi-cumi, sotong, dan gurita, jika dilihat memang mirip. Tetapi ketiga hewan laut ini berbeda. Apa perbedaannya?

Sotong (Cuttlefish) adalah binatang yang hidup di hampir semua perairan yang berukuran besar baik itu air payau, air tawar, atau air asin. Sotong hidup di air dengan kedalaman yang bervariasi dari yang dekat dengan permukaan hingga ribuan meter di bawah permukaan laut. Sotong adalah hewan yang kaya akan protein dan kalsium.

image

Cumi-Cumi atau Squid adalah jenis hewan moluska yang hidup di air laut. Cumi-cumi adalah hewan invertebrata atau hewan tidak bertulang belakang. cumi-cumi memiliki tubuh seperti bentuk pipa, kepala cumi-cumi berkembang dengan sempurna, dan memiliki 10 tangan panjang yang bermangkuk penghisap yang berfungsi untuk menjerat mangsa kemudian mangsa dikoyak dengan rahangnya yang kuat. Cumi-cumi menghisap air melalui rongga mantel yaitu rongga yang berada pada pusat tubuhnya dan memaksanya keluar melalui suatu pembuluh yang lentur yang disebut dengan sifon.

image

Gurita atau octopus adalah hewan moluska yang berasal dari kelas Cephalopoda atau hewan dengan kaki terletak di kepala.Gurita juga berasal dari ordo Octopoda dan habitat utamanya terumbu karang di samudra. Terdapat sekitar 289 spesies Gurita yang jumlahnya sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Gurita memiliki 8 lengan dengan dengan bulatan-bulatan cekung sebagai alat hisap, Gurita memiliki tubuh yang fleksibel dan ketika dalam keadaan berbahaya gurita akan menyemburkan cairan hitam atau tinta, berklamufase dan juga memotong lengannya untuk melindungi dirinya.

image

sumber : Perbedaan Antara Cumi-Cumi, Sotong Dan Gurita

Cumi-cumi

Bentuk tubuh cumi-cumi panjang dan runcing. Cangkangnya berbentuk seperti tangkai. Ia memiliki delapan lengan dan dua tentakel. Ia juga memiliki sepasang sirip di dekat ekornya. Sama seperti hewan laut, cumi-cumi bergerak dengan cara berenang. Ketika makan, ia akan mencabik dan menelan makanannya. Seperti bunglon, cumi-cumi mempunyai kemampuan untuk mengubah warna kulitnya.

Sotong

Sotong mempunyai banyak kesamaan dengan cumi-cumi. Mulai dari bentuk tubuh, jumlah lengan dan tentakel, letak ekor, cara bergerak serta makan. Perbedaan kedua hewan ini terletak pada kemampuan khusus dan bentuk cangkangnya. Sotong tidak hanya bisa mengubah warna kulit. Ia juga bisa mengubah tekstur kulitnya. Sedangkan bentuk cangkang sotong adalah pipih seperti perisai.