Apa perbedaan antara analisis resiko kuantitatif dan semi kuantitatif?

Metode analisa risiko yang dilakukan dalam menajemen risiko sangat tergantung dari ketersediaan data, sumber informasi, dan tujuan analisa risiko yang dilakukan. Metode yang digunakan dapat berupa analisa Kualitatif, Semi-Kuantitatif, dan Kuantitaif, atau bahkan bisa kombinasi antar ketiga metode tersebut.

Lalu apa yang membedakan antara analisis resiko kuantitatif dan semi kuantitatif?

Analisis resiko dibagi menjadi tiga yaitu analisis resiko kualitatif, resiko semi kuantitatif dan resiko kuantitatif. Lalu yang membedakan antara keduanya yaitu :

1. Analisis semi-kuantitatif

Di dalam analisis semi-kuantitatif, skala-skala deskripsi yang digunakan dalam analisa kualitatif diberi nilai, namun nilai-nilai yang diberikan tidak mesti menggambarkan besarnya kemungkinan dan konsekuensi yang sesungguhnya. Nilai-nilai ini untuk memberikan acuan prioritas dari deskripsi yang digunakan dalam analisa kualitatif. Karena pemberian nilai pada analisa semi-kuantitatif ini belum tentu menggambarkan risiko yang sebenarnya, maka perlu adanya perhatian khusus agar hasil analisa lebih valid dan konsisten. Ketepatan hasil analisa pada Analisa semi-kuantitatif ini sangat tergantung pada pengalaman orang yang melakukan analisa. Sebagian praktisi akan mempertimbangkan menggunakan Frekuensi dan Probabiliti untuk menggantikan Likelihood, Kemungkinan (likelihood) didapat dari kombinasi kedua elemen tersebut (Frequensi dan Probability).

Kehati-hatian harus dilakukan dalam menggunakan analisis semi-kuantitatif, karena nilai yang kita buat belum tentu mencerminkan kondisi obyektif yang ada dari sebuah risiko. Ketepatan perhitungan akan sangat bergantung kepada tingkat pengetahuan tim ahli dalam analisis tersebut terhadap proses terjadinya sebuah risiko. Oleh karena itu kegiatan analisis ini sebaiknya dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan background, tentu saja juga melibatkan manajer ataupun supervisor di bidang operasi.

2. Analisis Kuantitatif

Pada analisa kuantitatif sudah menggunakan data numerik, bukan lagi menggunakan deskripsi seperti pada analisa Kualitatif dan Semi Kuantitatif. Oleh karena itu kualitas analisa sangat tergantung dari kelengkapan dan keakuratan data yang tersedia. Konsekuensi dapat dihitung dengan menggunakan metode modeling hasil dari kejadian atau kumpulan kejadian atau dengan mempekirakan kemungkinan dari studi eksperimen atau data sekunder/ data terdahulu. Probabilitas biasanya dihitung sebagai salah satu atau keduanya (exposure dan probability). Kedua variabel ini (probabilitas dan konsekuensi) kemudian digabung untuk menetapkan tingkat risiko yang ada. Tingkat risiko ini akan berbeda-beda menurut jenis risiko yang ada.

Referensi :