Apa Peranan Pemasaran di Sektor Pertanian dalam Pembangunan Ekonomi?

selama-pandemi-corona-kementan-pastikan-distribusi-pangan-lancar (1)

Pada sektor pertanian, pemasaran dilakukan dalam rangka memperbaiki keseimbangan dalam produksi. Kebijakan pemasaran yang efektif akan mendorong perbaikan pendapatan produsen dan meningkatkan daya beli konsumen, terutama untuk produk pangan. Dari sisi produsen, suatu sistem pemasaran yang efektif dan efisien merupakan salah satu hal yang mendorong peningkatan produksi pertanian. Misalnya, kapan waktu yang tepat bagi produsen untuk menjual hasil produksinya agar dapat meningkatkan penerimaan produsen. Pengabaian sistem pemasaran akan mengurangi gairah produsen untuk meningkatkan produksi, karena perbaikan pendapatan produsen tergantung pada perbaikan sistem pemasaran.

Berdasarkan penjelasan diatas tentunya kita dapat menarik kesimpulan bahwa peranan pemasaran di sektor pertanian itu sangatlah penting dalam proses pembangunan ekonomi terutama bagi produsen produk pangan yang bertujuan untuk meningkatkan produksi agar pendapatan produsen juga meningkat. Sekian informasinya semoga bermanfaat :wink: