Apa peran seorang manajer pemasaran dalam sebuah startup?

Startup merupakan perusahaan yang baru dirintis, atau perusahaan yang belum lama beroperasi. Karena masih dalam tahap rintisan, tentu saja sebuah startup memiliki berbagai macam keterbatasan. Struktur organisasi dan divisinya tentu saja berbeda-beda, menyesuaikan mana yang paling ideal menurut masing-masing startup. Tidak menutup kemungkinan ada jabatan sebagai manajer pemasaran dalam sebuah struktur organisasi startup. Apa saja yang dilakukan manajer pemasaran khususnya dalam sebuah startup terhadap produknya?

Sebuah startup merupakan suatu usaha yang baru dirintis. Tentu saja secara struktur organisasi masih sangat sederhana, berbeda dengan perusahaan besar yang memiliki struktur organisasi yang kompleks dari level paling atas hingga bawah. Karena masih minimnya sumber daya, sehingga tidak menutup kemungkinan satu orang pada posisi tertentu akan mengerjakan tanggung jawab yang sebenarnya diluar tugasnya. Hal ini sudah menjadi sangat biasa. Begitu juga seorang Manajer Pemasaran. Dalam sebuah startup, Manajer Pemasaran bisa saja mengembang tugas untuk:

Copywritings
Menjadi copywiters berarti bertanggung jawab atas konten di berbagai platform untuk mempromosikan perusahaan, baik melalui web, aplikasi, profil sosial, dan lain-lain.

Social Presence
Dengan terlibat dalam media sosial, manajer pemasaran bisa menimbulkan kesadaran dan ketertarikan pada produk dari startup yang ditawarkan.

User Understanding
Seorang manajer pemasaran juga harus mewakili apa yang dirasakan pengguna mengenai produk yang digunakan. Ketika semakin mengetahui apa yang dirasakan pengguna, semakin banyak juga keputusan strategis yang dapat dibuat untuk semakin memperbaiki kekurangan dari produk sebelumnya.

Public Relation
Public relation berarti menjadi pusat untuk media serta melebarkan jaringan pemasaran untuk lebih meningkatkan kesadaran dan ketertarikan terhadap produk yang sedang dipasarkan.

Referensi

https://www.quora.com/What-are-the-tasks-performed-by-a-marketing-manager-for-a-startup