Apa penyebab telur burung Murai Batu tidak menetas ?

burung
murai

(Aditya Reza Firdaus) #1

image

Faktor apa saja yang menyebabkan telur burung murai tidak menetas?


(Mifta Ahmad Farid) #2

Faktor-faktor yang menyebabkan telur burung murai tidak menetas antara lain :

  1. Faktor indukan yang belum dibuahi atau belum matang

    Umumnya seekor indukan yang mengahasilkan telur infertil adalah indukan yang belum cukup umur, jika demikian maka sangatlah sulit untuk membuat telur yang produktif. Pasalnya, indukan tersebut belum memiliki organ repruduksi yang cukup baik untuk menjalani proses pembuahan.

  2. Faktor lingkungan

    Jika seekor Murai betina sedang mengerami telur, maka kondisikan lingkungannya aman dan nyaman, dengan kata lain lingkungan tersebut tidak ada pengganggu. Pasalnya, pengganggu seperti cicak atau bahkan suara bising akan mengganggu konsesntrasi betina dalam mengerami telurnya. Alhasil jika telur tersebut tidak dierami secara baik, maka kecil kemungkin telur tersebut akan menetas.

  3. Faktor sarang

    Penyebab telur Murai Batu tidak mampu menetas bisa juga diakibatkan karena sarang Murai itu sendiri. Pasalnya, jika sarang Murai tersebut tidak nyaman untuk betina yang sedang mengerami telur, maka yang terjadi adalah telur tersebut tidak dierami dengan baik. Dan hasilnya telur tersebut juga tidak akan menetas.

  4. Faktor pakan

    Saat Murai betina sedang mengerami telur, usahakan Ia mendapat asupan makanan yang baik. karena jika tidak, maka besar kemungkinan sang betina akan mematuki telur-telurnya. jika begitu maka sangat kecil kemungkinan telur tersebut akan menetas.

  5. Cuaca panas

    Faktor cuaca juga mempengaruhi produktifitas telur. Pasalnya, jika telur berada pada suhu yang terlalu panas, maka telur tersebut akan sulit untuk berkembang, jika begitu maka kecil kemungkinan telur Murai akan menetas.