Apa Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kanan Bawah?

Sakit punggung sebelah kanan bisa terjadi bila seseorang melakukan aktivitas berlebihan, baik sehari-hari maupun olahraga. Kondisi ini mungkin saja diakibatkan keseleo, ketegangan pada punggung, atau tergesernya bantalan tulang belakang. Apa Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kanan Bawah?

Jika sakit di punggung sebelah kanan berlokasi di bagian bawah, beberapa penyebab paling umum yang mungkin terjadi antara lain adalah:

Cedera
Sakit punggung yang muncul pada bagian ini mungkin saja karena cedera yang terjadi pada otot, ligamen, atau tendon yang mengelilingi dan menopang tulang belakang. Bagian-bagian ini bisa terkena sekaligus atau hanya salah satu.

Struktur yang bermasalah
Nyeri punggung dapat terjadi saat seseorang memiliki gangguan pada struktur tulang belakang. Masalah terkait stuktur yang mungkin menyebabkan nyeri antara lain adalah masalah pada persendian facet atau penopang intervertebralis.

Selain itu terdapat skoliosis dimana tulang belakang lebih miring ke kiri atau kanan, lordosis struktur tulang belakang yang terlalu membusung ke depan dan kifosis di mana struktur tulang belakang terlalu membungkuk ke belakang.

Usus Buntu
Usus buntu adalah usus berbentuk tabung kecil yang menempel pada bagian kanan bawah usus besar. Sedangkan penyakit usus buntu terjadi saat usus ini mengalami peradangan, bengkak, dan terinfeksi.

Penyakit usus buntu ditandai dengan rasa nyeri yang dimulai pada area dekat pusar dan secara bertahap meluas ke sisi kanan tubuh. Rasa nyeri juga dapat menyebar ke area punggung atau selangkangan.

Nyeri tersebut semakin parah seiring dengan banyaknya gerakan di area perut ataupun tekanan pada area yang sakit. Segera hubungi dokter bila mengalaminya. Karena jika semakin parah, usus buntu dapat pecah.

Batu Ginjal
Batu ginjal adalah hasil pemadatan dari mineral dan garam berlebih yang bisa ditemukan dalam urine. Jika ukurannya sangat kecil, batu ginjal bersama urine akan mengalir dari ginjal ke kandung kemih kemudian keluar dari tubuh tanpa masalah.

Namun, bisa saja batu ini tersangkut di ureter, yaitu saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Bila hal itu terjadi, rasa nyeri di sepanjang punggung, perut bagian bawah hingga selangkangan dapat muncul. Rasa nyeri akibat batu ginjal umumnya datang dan pergi seiring dengan pergerakan batu.

Rasa nyeri saat buang air kecil, jumlah urine sedikit ataupun adanya darah pada urine bisa terjadi. Penangan kondisi dapat berupa operasi pengangkatan batu ginjal atau memecahnya dengan gelombang bertekanan.

Sciatica
Saraf skiatik terletak di sepanjang punggung dan kedua tungkai. Bila saraf ini iritasi ataupun tertekan, rasa nyeri yang dialami disebut sciatica. Rasa nyeri ini biasanya dimulai dari punggung bagian bawah dan menyebar hingga salah satu tungkaimu.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh kerusakan cakram atau bantalan di antara tulang belakang (herniated disc), adanya tulang belakang yang terselip dan menekan tulang yang lain (spondylolisthesis) ataupun penyempitan saluran di tulang belakang (spinal stenosis).

Orang yang kelebihan berat badan, terlalu sering memakai sepatu hak tinggi, atau jarang berolahraga lebih rentan mengalami sciatica.

Penyakit tertentu
Beberapa penyakit yang menimpa atau mempengaruhi organ dalam di daerah tengah bagian belakang, perut, atau panggul juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada punggung sebelah kanan.

Pada kasus yang serius dan bersifat darurat, sakit punggung sebelah kanan bagian bawah bisa disebabkan oleh beberapa masalah serius seperti keluarnya akar syaraf dari dasar kanal tulang belakang.

Pembengkakan atau rupture aorta perut serta infeksi tulang belakang juga dapat menyebabkan sakit punggung sebelah kanan bagian kanan bawah yang serius.