Apa penyebab medis yang menyebabkan induk kucing memakan anaknya sendiri?

Kucing

Kucing yang hamil akan melahirkan anakan kucing sekitar 4 sampai 7 anak. Namun, kita terkadang melihat fenomena induk kucing memakan anaknya sendiri. Hal medis apa yang menyebabkan kejadian tersebut?

Ada beberapa hal medis yang dapat menyebabkan kejadian tersebut, antara lain:

  1. Hamil terlalu muda
    Beberapa induk kucing mungkin hamil terlalu muda ketika naluri keibuannya belum matang sepenuhnya. Induk kucing akan membunuh anaknya karena kebingungan, karena suara si anak kucing justru membangkitkan naluri berburunya.

  2. Keselamatan anak
    Sang induk kucing mungkin juga memiliki naluri yang sangat kuat untuk menebak apakah anak kucingnya memiliki tubuh yang dapat bertahan hingga tumbuh dewasa ataukah tidak. Jika menurutnya, si anak kucing memiliki tubuh yang lemah dan kemungkinan bertahan hidupnya sangat kecil, maka dia akan membunuhnya karena tidak ingin buang-buang air susu untuk anakan yang tidak punya harapan hidup. Bahkan terkadang ada yang memakan anaknya sendiri untuk memulihkan tenaganya dan berharap kelak dapat melahirkan anak dengan kondisi yang lebih sehat.

  3. Kelangkaan makanan
    Jika sedikit makanan maka tidak bisa menyusui. Sang induk kucing akan kesulitan untuk menyusui anak-anaknya, padahal dia sendiripun kelaparan. Untuk mengurangi bebannya, dia akan memakan anaknya.

  4. Si anak telah mati dahulu
    Jika anaknya mati, sang induk akan memakan anaknya agar tidak menyebarkan penyakit ke anaknya yang masih hidup. Meski sangat menyakitkan, tetapi ini tetap harus dilakukan oleh sang induk agar dia dan anak-anaknya bisa terus hidup.

  5. Menghindari dari predator
    Seperti yang kita tahu, induk kucing yang baru melahirkan biasanya akan berpindah-pindah tempat tinggal agar anaknya terhindar dari predator atau pemangsa. Namun, jika sudah berpindah-pindah dan sang induk berpikir tidak ada lagi tempat yang aman untuk mereka, sang induk akan mengurangi jumlah anaknya untuk meningkatkan kesempatan untuk hidup.

  6. Merasa stres
    Beberapa induk kucing merasa stres berat karena melahirkan pada salah musim. Karenanya, dia akan membunuh anaknya dan berharap bisa melahirkan lagi di musim yang benar. Kejadian ini sering terjadi pada kucing-kucing jalanan di luar negeri yang mengalami musim dingin. Sangat kecil sekali kemungkinan sang anak bisa bertahan hidup, alhasil induk kucing berfikir untuk membunuhnya saja.

  7. Tidak mengenali si anak
    Jika ada seekor kucing memiliki bayi sebaiknya jangan menyentuh anaknya hingga mulai dewasa. Mungkin saja, si anak akan berganti baunya karena bercampur dengan bau kita hingga induknya tidak bisa mengenali anaknya sendiri. Karena merasa asing, sang induk bisa saja untuk membunuh si bayi.

Referensi: https://www.kucinglucu.net/mengejutkan-ini-alasan-induk-kucing-membunuh-anaknya